Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2022/2023

Lusi Kurnia Sari, (2023) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Cilimus Tahun Ajaran 2022/2023. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306148_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306148_2_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306148_6_bab5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306148_7_dafpus.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku penundaan untuk memulai mengerjakan maupun menyelesaikan tugas akademik, dengan memilih melakukan aktivitas lain yang tidak menunjang penyelesaian tugas tersebut, yang dilakukannya secara sengaja dan berulang-ulang. Pernyataan ini dilatar belakangi oleh perilaku prokrastinasi akademik yang merupakan fenomen lazim, tetapi mengganggu dalam situasi akademik sebab berdampak negatif. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok teknik self-management dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Cilimus tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui metode pre-eksperimental dan desain penelitian one test pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket prokrastinasi akademik melalui model skala likert, yang diperoleh dari populasi penelitian 287 siswa, dan sampel penelitian 8 siswa serta dokumentasi penelitian. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan bantuan statistical program for social science (SPSS) for windows seri 26, untuk menghitung pengujian persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas varians dengan one way anova, serta pengujian hipotesis yang terdiri dari uji paired sampel t-test dengan one sample t-test dan uji gain termomalisasi (N-gain). Berdasarkan dari hasil penelitian diketahui bahwa, profil umum prokrastinasi akademik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cilimus tahun ajaran 2022/2023 memperoleh rata-rata skor 53,60 termasuk dalam kategori rendah. Kedua program layanan konseling kelompok teknik self-management melalui tahapan-tahapan konseling kelompok yakni tahap pembukaan (Assesment) tahap peralihan merumuskan goal setting, tahap kegiatan (technique implementation) dan tahap penutupan (evaluation termination) yang didukung oleh tahapan teknik self-management yakni self-monitoring, self-reward, self-contracting dan stimulus control. Kemudian efektivitas layanan konseling kelompok teknik self-menegement diketahui nilai N-gain score -65.51 nilai tersebut termasuk dalam kriteria tinggi, yang artinya efektivitasnya tinggi dan nilai N-gain persen -6550.93 nilai tersebut termasuk dalam kriteria nilai efektif. Maka dari itu hal ini menunjukkan bahwa efektivitas layanan konseling kelompok teknik self-management efektif dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cilimus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Self-Management, Perilaku Prokrastinasi Akademik
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 01:15
Last Modified: 09 May 2023 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item