Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Hidayatun Nasyi'ien (Indramayu) Di Era New Normal

Nujul Rachmawati, (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Hidayatun Nasyi'ien (Indramayu) Di Era New Normal. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306038_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306038_2_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306038_6_bab5.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306038_7_dafpus.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pasca pandemi covid-19, Setelah dua tahun pembelajaran harus dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau jarak jauh ini banyak menimbulkan masalah yang salah satunya yaitu penurunan motivasi belajar pada siswa. kini pembelajaran telah dilaksanakan kembali secara Era new normal atau kehidupan baru melakukan berbagai aktivitas sekolah seperti biasa namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini menjadi tantangan baru bagi guru dan siswa, Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diera new normal. Penelitian ini dilakukan di smp hidayatun nasyi’ien Indramayu desa kedungwungu kecamatan krangkeng kabupaten indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan sebanyak delapan orang yaitu tujuh orang dari siswa smphidayatun nasyi’ien satuorang dari guru BK smp hidayatun nasyi’ien. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan 1) satu orang informan dari guru bk memberikan fakta bahwa pelaksanaan dan peran dari guru bk dalam meningkatkan motifasi belajar siswa yakni dengan cara, menciptakan Susana belajar yang menyenangkan, melibatkan partisipatif siswa, menggunakan media belajar yang kreatif, dan memanfaatkan media digital. 2) hasil dari observasi bahwa siswa mengalami penurunan Motivasi belajar dari internal dan eksternal. 3) motivasi belajar era new normal yaitu dengan adanya adaptasi kebiasaan baru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar Era New Normal
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:35
Last Modified: 09 May 2023 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item