Konstruksi Makna Dakwah Online Menurut Pengikut Instagram Shift Pemuda Hijrah (Studi Kasus Pengikut Akun Instagram Shift Pemuda Hijrah)

Tanwin Nur Miswari, (2023) Konstruksi Makna Dakwah Online Menurut Pengikut Instagram Shift Pemuda Hijrah (Studi Kasus Pengikut Akun Instagram Shift Pemuda Hijrah). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306103_1_cover.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306103_2_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306103_6_bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306103_7_dafpus.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konstruksi makna dakwah online menurut pengikut Instagram Shift Pemuda Hijrah. Shift sebagai salah satu organisasi keagamaan muncul dengan mengenalkan cara beragama baru dalam dunia modern, salah satunya dakwah online. Shift dengan produk dakwah online-nya memberikan pemaknaan baru berdasarkan wajah baru terhadap dakwah yang ditampilkan. Penelitian ini secara garis besar memiliki tiga tujuan utama, yaitu pertama, untuk Mendeskripsikan pemaknaan pengikut Shift terhadap akun Shift bagi bagi Sembilan pengikut akun instagram Shift Pemuda Hijrah. Kedua, untuk mengetahui bentuk tindakan pengikut akun Shift setelah mengenal Shift. Ketiga, untuk Mendeskripsikan dampak yang dirasakan pengikut setelah mengikuti Shift. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan konsep interaksi simbolik dengan teori Self, Mind, Society yang dipaparkan oleh Mead. Mead menjelaskan bahwa makna terbentuk atas negosiasiindividu terhadap simbol yang diterimanya. Individu memaknai simbol tersebut berdasarkan proses negosiasi atas tiga aspek diatas yaitu, Self, Mind dan Society. Data yang terdapat dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam dengan subjek penelitian yaitu Sembilan pengikut akun Shift Pemuda Hijrah. Penelitian ini dilakukan menggunakan media digital terutama Instagram, pada bulan Juni sampai bulan oktober tahun 2022. Penelitian ini menunjukan bahwa dakwah online dalam kegiataanya pada ranah modern memberikan konstruksi makna baru guna menjawab kebutuhan keagamaan umat. Makna yang terbentuk terhadap kegiatan dakwah, muncul dari hasil negosiasi individu terhadap dirinya berdasarkan tiga aspek yaitu, Mind, Self, dan Society. Ketiga aspek penentu dalam terbentuknya makna dakwah diartikan berbeda oleh tiap-tiap individu, tergantung peran yang individu ambil dalam proses pemaknaanya. Individu akan memberikan respon berupa tindakan sebagai hasil pemkanaanya terhadap dakwah online. Tindakan yang dihasilkan individu akan memberikan dampak kepada diri mereka, maupun lingkungan sekitarnya, baik itu secara digital maupun pada dunia nyata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Online, Media Sosial, Konstruksi Makna, Interaksi Simbolik
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 08:20
Last Modified: 09 May 2023 08:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10223

Actions (login required)

View Item View Item