Dampak Social Comparison Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa Angkatan 2019 Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Bimbingan Konseling Islam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Iis Rahmawati, (2023) Dampak Social Comparison Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa Angkatan 2019 Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Bimbingan Konseling Islam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306042_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306042_2_bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306042_6_bab5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306042_7_dafpus.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa yang sudah menempuh seluruh studinya diakhir akan diberikan tugas untuk melakukan penelitian atau skripsi untuk memperoleh gelar S1-nya. Di akhir semesternya, mahasiswa akan diberikan waktu untuk menyelesaikan skripsi tersebut. Namun dari permasalahan yang ditemukan peneliti dan diperkuat juga dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Rahmat dan Amal (2020) dalam fase mengerjakan skripsi terdapat kendala-kendala di dalamnya dari faktor luar dan dalam individu, seperti sulit memahami metode penelitian, terkendala dalam penelitian lapangan, susah menemui dosen, dan sulit mengurus administrasi perizinan di tempat penelitian, maka peneliti menemukan adanya tindakan membandingkan diri (social comparison) yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Untuk dapat menyelesaikan skripsi, individu memerlukan keyakinan (self-efficacy) dalam dirinya. Mahasiswa yang kondisi self-efficacy-nya baik memiliki keyakinan dan kemampuan untuk bisa menyelesaikan skripsi serta siap menghadapi segala hambatan-hambatan yang ada. Namun dengan berbagai hambatan yang sering ditemui dalam pengerjaan skripsi tersebut, self-efficacy mahasiswa bisa terganggu. Salah satu yang bisa menurunkan tingkat self-efficacy adalah ketika individu melakukan social comparison. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab munculnya social comparison pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi, untuk mengetahui faktor apa yang membuat self-efficacy mahasiswa berbeda, dan untuk mengetahui dampak social comparison terhadap self-efficacy mahasiswa akhir untuk menyelesaikan skripsi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu 5 orang mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2019 yang sedang di fase membandingkan diri dan merasa tertinggal dengan progres skripsi orang lain. Hasil penelitian ditemukan bahwa kondisi penyebab munculnya social comparison datang dari diri sendiri dan dari lingkungan. Hal ini bergantung kepada kebutuhan individu saat itu untuk mencari informasi mengenai dirinya. Hal yang menjadi perbandingan adalah dari segi kemampuan (ability) dan arah social comparison lebih ke upward social comparison (perbandingan sosial ke atas). Faktor yang membuat self-efficacy setiap mahasiswa angkatan 2019 berbeda adalah dari aspek level dan kekuatan yang dimiliki individu. Tidak hanya berkaitan dengan kemampuan, self-efficacy juga berkaitan dengan seberapa gigih, tekun, dan kuat individu dalam menghadapi hambatan yang ada hingga kembali yakin bahwa dirinya bisa menyelesaikan skripsi tersebut. Meskipun social comparison memiliki dampak positif dan negatif bagi seseorang yang melakukannya, namun mahasiswa angkatan 2019 yang sedang mengerjakan skripsi tidak memiliki perubahan pada self-efficacy-nya dan masih memiliki keyakinan untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu setelah melakukan social comparisoni dengan orang lain atau pun temannya sendiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: social comparison, self-efficacy, skripsi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 07:55
Last Modified: 11 May 2023 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item