Pelaksanaan Rational Emotive Behavior Therapy Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Pada Remaja Di Komunitas Pratisara Anagata Kota Bekasi

Gusay King Muhammad, (2023) Pelaksanaan Rational Emotive Behavior Therapy Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Pada Remaja Di Komunitas Pratisara Anagata Kota Bekasi. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306077_1_cover.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306077_2_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306077_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306077_7_dafpus.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Radikalisme berkembang tidak hanya di dunia politik melainkan juga di kalangan masyarakat, terutama pada remaja, karena pada usia muda merupakan salah satu fase dimana sesorang rentan terpapar paham radikalisme. Karena fase remaja merupakan salah satu fase perkembangan manusia dengan ciri manusia tersebut sering mengalami masa krisis identitas yang menyebabkan remaja menjadi tidak stabil, agresif, konflik antara sikap dan perilaku, kegoyahan emosional dan sensitif, terlalu cepat dan gegabah untuk mengambil tindakan yang ekstrim. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode rational emotive behavior therapy di Komunitas Pratisara Anagata, mengetahui dampak pelaksanaan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mencegah radikalisme pada remaja di Komunitas Pratisara Anagata, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan Ratioanl Emotive Behavior Therapy Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan teknik analisis data menggunakan studi kasus. Hasil penelitian ini mengetahui dalam proses bimbingan dengan metode pendekatan rational emotive behavior therapy mempunyai beberapa tahapan yaitu tahap pembinaan hubungan, tahap pengelolaan pemikiran dan Pandangan, tahap pengelolaan emotif dan afektif, tahap pengelolaan tingkah laku. Rational emotive behavior therapy dapat mencegah radikalisme pada remaja di komunitas Pratisara Anagata, karena dalam pendekatan rational emotive behavior therapy ini potensi rasional klien dikembangkan dengan semaksimal mungkin yang mana untuk merubah pola pikir, perbuatan dan emosi yang irasional menjadi rasional. Faktor penghambat dalam melaksanakan ratioanl emotive behavior therapy di komunitas Pratisara Anagata adalah waktu, emosional pada remaja, jumlah pebimbing yang sedikit. Sedangkan faktor pendukung dalam melaksanakan ratioanl emotive behavior therapy di komunitas Pratisara Anagata adalah antusias dari anggota, perhatian pengurus, dan fasilitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy, Radkilasime, Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 00:39
Last Modified: 12 May 2023 00:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item