Khansa Salsabila Putri, (2023) Strategi Produksi Program Berita Daerah Pagi Di Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Cirebon 94,8 FM Untuk Menarik Pendengar. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
1908302116_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908302116_2_bab1.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
1908302116_6_bab5.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
1908302116_7_dafpus.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya persaingan radio terlihat dari program siarannya yang menarik. Setiap harinya radio mempersembahkan informasi terupdate yang disiarkan melalui kreativitas agar bisa menjadi radio nomor satu di telinga pendengarnya. Maka program berita daerah pagi akan bersaing dengan program berita di radio lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka pertanyaan penelitian terdiri dari (1) Bagaimana strategi program Berita Daerah Pagi Radio RRI Pro 1 Cirebon untuk menarik pendengar ? (2) Bagaimana proses produksi program Berita Daerah Pagi Radio RRI Pro 1 Cirebon khususnya pada proses pra produksi, produksi dan pasca produksi? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui strategi program Berita Daerah Pagi di RRI Pro 1 Cirebon dalam menarik pendengarnya (2) Mengetahui bagaimana proses produksi program berita pada program Berita Daerah Pagi di RRI Pro 1 Cirebon, mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi program tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus milik Creswell. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data milik Miles dan Huberman dengan 4 tahap yaitu (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) pengolahan data, dan (d) kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang meliputi Arita Mulat, Cece Rukmana, Ely Yulianti, Aura Iriana dan Nono Kartono. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa : (1) Strategi yang digunakan untuk menarik pendengar dibagi menjadi 3 yaitu (a) Segmentasi pendengar program berita daerah pagi di Radio RRI Pro 1 Cirebon yaitu dalam usia 30-50 tahun, lebih dari 50 tahun dan 4-13 tahun dengan pendidikan SMA keatas, SLTP keatas, dan kurang dari SD dari wilayah Cirebon dan sekitarnya. (b) Targeting program berita daerah pagi di RRI Pro 1 Cirebon memiliki usia 3 -50 tahun dengan pendidikan SMA ke atas. (c) Positioning atau Citra yang ingin dibangun adalah agar seluruh masyarakat di wilayah Cirebon dan sekitarnya mengetahui informasi yang ada di Cirebon dan sekitarnya. (2) Proses produksi program berita daerah pagi di Radio RRI Pro 1 Cirebon terbagi menjadi tiga tahap, (a) Proses pra produksi yang meliputi proses perencanaan atau agenda setting, pencarian informasi, dan proses pengeditan. (b) Proses produksi meliputi koreksi naskah dan siaran radio oleh penyiar. (c) Proses pasca produksi meliputi tahap evaluasi pelaksanaan kegiatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produksi program, Radio, Strategi |
Subjects: | T Technology > Information Technology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 12 May 2023 07:57 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10274 |
Actions (login required)
View Item |