PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon TA 2019-2020)

Akhmad Tajudin, (2022) PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon TA 2019-2020). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808204089_1_cover.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204089_2_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204089_6_bab5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204089_7_dafpus.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Akhmad Tajudin. NIM: 1808204089, "PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA DALAM BERBELANJA ONLINE MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon TA 2019-2020), 2022. Perilaku konsumtif merupakan suatu aktivitas membeli barang atau produk yang tidak dibutuhkan sama sekali sehingga sifatnya menjadi mubazir. Mahasiswa berperilaku konsumtif ketika berbelanja secara online melalui situs online shop. Menurut perspektif Islam perilaku konsumtif dalam berbelanja online membuat mahasiswa berbelanja secara berlebihan sehingga mengakibatkan sikap tabzir dan israf. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: "Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan perilaku konsumtif dalam berbelanja online, apa saja keuntungan dan kerugian dalam berbelanja online, dan bagaimana pandangan ekonomi Islam dalam menyikapi perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan tahun 2019-2020". Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Pengumpulan data dengan cara wawancara kapada mahasiswa Ekonomi Syariah tahun angkatan 2019 dan 2020. Teknik pengolahan data melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat faktor yang menyebabkan mahasiswa berperilaku konsumtif yaitu faktor internal: motivasi belanja online, persepsi mengenai belanja online, kepribadian, dan gaya hidup. Faktor eksternal: budaya belanja dan kelompok pertemanan. Keuntungan belanja online yaitu kemudahan menemukan barang, voucher gratis ongkos kirim, diskon, efisiensi waktu, harga terjangkau, dan transaksi pembayaran digital. Kekurangan belanja online: adanya penipuan, keterlambaran barang/kehilangan barang, dan kerusakan barang. Dalam surah Al-Qur'an Al-A'raf ayat 32 dengan jelas Islam melarang umatnya bersikap berlebih-lebihan dan boros dalam berkonsumsi karena Allah SWT tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Namun, mahasiswa Ekonomi Syariah dalam penelitian ini tidak serta merta melakukan keputusan pembelian melainkan mereka melakukan pertimbangan dari berbagai macam informasi yang diperoleh tentang produk yang akan dibeli, artinya mereka harus menerima informasi yang cukup sebelum melakukan keputusan pembelian agar ketika melakukan keputusan pembelian suatu produk mereka dapat mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga mereka dapat mengontrol diri ketika berbelanja secara online. Kata Kunci: Belanja Online, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 May 2023 06:48
Last Modified: 22 May 2023 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10456

Actions (login required)

View Item View Item