ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DI TOKO TAJUDINSHOP

AHMAD RO’I ALFAZA, (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DI TOKO TAJUDINSHOP. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808204087_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204087_2_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204087_6_bab5.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204087_7_dafpus.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

AHMAD RO’I ALFAZA. NIM: 1808204087. “ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MELALUI DIGITAL MARKETING DI TOKO TAJUDINSHOP”. 2022 Perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Banyaknya competitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha untuk masuk dalam persaingan yang sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan profit. Lalu bagaimana toko Tajudinshop memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menerangkan bagaimana praktik digital marketing di toko Tajudinshop? bagaimana fluktuasi pendapatan pelaku usaha di toko Tajudinshop dan bagaimana kendala dan solusi pemasaran melalui digital marketing di toko Tajudinshop?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (Field Research). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berdasarkan penelitian di lapangan yang bersumber dari hasil wawancara dan kemudian diselaraskan dengan literasi yang diambil dari buku, jurnal, dan skripsi untuk memenuhi jawaban dalam rumusan masalah. Praktiknya hasil penelitian adalah dalam melakukan digital marketing, toko Tajudinshop ini menggunakan Media sosial Instagram dan Tiktok sebagai platform digital marketing dan platform shoopee sebagai digital marketing sekaligus sebagai marketplace. Fluktuasi Pendapatan pada toko Tajudinshop dalam waktu satu tahun delapan bulan penjualan mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Kendala yang terjadi pada praktik digital marketing dan transaksi jual beli online yang dilakukan oleh toko Tajudinshop sebagai produsen dengan konsumen ada beberapa hambatan yaitu, aplikasi error, sinyal dan kenaikan harga. Solusi yang dilakukan oleh toko Tajudinshop adalaha harus pintar-pintar melihat situasi dan kondisi untuk melakukan transaksi jual beli online, seperti contoh menunggu sinyal membaik dikala cuaca buruk hingga mempengaruhi sinyal buruk, serta menunggu selesai apabila terjadi perbaikan dan maintance yang dilakukan provider-provider yang digunakan oleh pelaku transaksi jual beli online. Kata Kunci : Pengembangan, Digital, Marketing

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 May 2023 06:51
Last Modified: 22 May 2023 06:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item