Sejarah Dan Peran Rumah Adat Panjalin Dalam Proses Islamisasi Di Desa Panjalin Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka

Hikmatiar Ramadhan, (2023) Sejarah Dan Peran Rumah Adat Panjalin Dalam Proses Islamisasi Di Desa Panjalin Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 SPI.

[img]
Preview
Text
1808301042_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808301042_2_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808301042_6_bab5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808301042_7_dafpus.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penyebaran agama Islam di tanah Jawa melalui berbagai cara, bisa melalui budaya, ekonomi, politik, dan sosial. Banyak contoh penyebaran agama Islam melalui budaya, salah satunya adalah rumah adat yang berada di Panjalin Majalengka. Rumah ini merupakan objek penyebaran agama Islam pada abad ke- 15 M. Rumah adat budaya Panjalin merupakan situs cagar budaya purbakala yang dilindungi oleh BPCB Banten dan juga rumah adat budaya Panjalin merupakan syarat atas pernikahan Raden Sanata dengan Nyi Seruni. Adapun langkah yang ditempuh dalam penulisan skripsi adalah: 1.) Heuristik, 2.) Kritik, 3.) Interpretasi, 4.) dan Historiografi. Dalam penulisan ini pengambilan data banyak yang bersumber dari wawancara bersama ketua pemangku rumah adat budaya Panjalin, juru pemelihara Panjalin, budayawan setempat, dan juru kunci makam panjalin. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Sejarah Berdirinya Rumah Adat Budaya Panjalin di bangun pada abad akhir abad ke 15 oleh Pangeran Sahroni yang notabenenya prajurit dari keraton kesultanan Cirebon, yang di tugaskan oleh Syekh Syarif Hidayatullah untuk menyebarkan ajaran agama Islam di tataran wilayah jawa bagian barat. Peran rumah adat budaya Panjalin dalam proses Islamisasi Desa Panjalin, yaitu sebagai pusat atau sentral penyebaran agama Islam di Kawasan Jawa Bagian Barat dengan terbukti adanya arah kiblat, tempat mengaji, dan juga tempat diselenggarakannya budaya dan tradisi oleh pemangku Rumah Adat Panjalin dan juga masyarakat setempat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Islamisasi, Budaya, Akulturasi
Subjects: Ilmu Sejarah > Lambang
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 May 2023 01:05
Last Modified: 23 May 2023 01:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item