PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (SURVEY PADA SEKTOR INDUSTRI BATIK TRUSMI CIREBON)

MUSFIROH, (2023) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (SURVEY PADA SEKTOR INDUSTRI BATIK TRUSMI CIREBON). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204023_1_cover.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204023_2_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204023_6_bab5.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204023_7_dafpus.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

MUSFIROH. NIM: 1908204023, “PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (SURVEY PADA SEKTOR INDUSTRI BATIK TRUSMI CIREBON)”, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja UMKM batik trusmi Cirebon. Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap inovasi produk pada UMKM batik Trusmi Cirebon. Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon. Dan pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja UMKM batik trusmi Cirebon melalui inovasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Batik di Desa Trusmi cirebon yaitu berjumlah 51 UMKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan software SPSS versi 22, uji outer model, uji inner model, dan uji kebaikan model menggunakan software Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon. Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon. Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM batik Trusmi Cirebon melalui inovasi produk. Kata Kunci: Kinerja UMKM, Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Teknologi Informasi, Inovasi Produk.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 May 2023 01:21
Last Modified: 24 May 2023 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item