PENGARUH MARKETING COMMUNICATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN WADIAH IB MASLAHAH DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS BJB SYARIAH KCP SUMBER)

DIAN LESTARI, (2023) PENGARUH MARKETING COMMUNICATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN WADIAH IB MASLAHAH DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS BJB SYARIAH KCP SUMBER). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203024_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203024_2_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203024_6_bab5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203024_7_dafpus.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

DIAN LESTARI. NIM: 1908203024, “PENGARUH MARKETING COMMUNICATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN WADIAH IB MASLAHAH DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS BJB SYARIAH KCP SUMBER),” 2023. Perbankan syariah sebagai salah satu lembaga keuangan syariah di Indonesia. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, suatu perbankan syariah memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk memutuskan menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan, kedua faktor tersebut diantaranya marketing communication dan kualitas pelayanan. Marketing communication menjadi alat yang dilakukan perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait produk dan jasa yang ditawarkan. Sedangkan kualitas pelayanan menjadi suatu tindakan yang penting dilakukan oleh setiap pelaku bisnis sehingga nasabah akan merasa puas dan merekomendasikan kepada orang lain serta melakukan penggunaan ulang produk dan jasa bank syariah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing communication dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan Wadiah IB Maslahah. Dalam penelitian ini, obyek penelitiannya yaitu BJB Syariah KCP Sumber. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitain survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang dilakukan yaitu data primer dengan sumber data yang berasal dari observasi dan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 70 dari 242 populasi. Dengan menggunakan rumus slovin standar error 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien berganda, dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), dimana semua proses pengujian tersebut menggunalan aplikasi IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel marketing communication terhadap keputusan nasabah dengan nilai sebesar 2,513 yang mana > 1,66757 serta pada nilai signifikansi sebesar 0,014 yang mana < 0,1. Kemudian terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dengan nilai sebesar 17,745 yang mana > 1,66757 serta pada nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana < 0,1. Dan secara simultan variabel marketing communication dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah dengan nilai sebesar 216.841 yang mana > 2,17 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana < 0,1. Kata Kunci: Marketing Communication, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:47
Last Modified: 06 Jun 2023 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10622

Actions (login required)

View Item View Item