NURUL AINI APRILYA, (2023) PENGARUH PROMOSI DAN CORPORATE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN HAJI iB MASLAHAH PADA BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP SUMBER. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
1908203073_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908203073_2_bab1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
1908203073_6_bab5.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
1908203073_7_dafpus.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
NURUL AINI APRILYA, NIM: 1908203073. “PENGARUH PROMOSI DAN CORPORATE IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN TABUNGAN HAJI iB MASLAHAH PADA BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP SUMBER.”. Skripsi 2023 Perbankan syariah dijadikan sebagai mitra suatu negara dalam penghimpunan dana dan penyaluran dana masyarakat. Dalam menjalankan usahanya, bank mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan suatu produk, diantaranya promosi dan corporate image. Karena promosi merupakan suatu hal yang digunakan konsumen sebagai acuan dalam memilih produk atau jasa yang diinginkan. Sedangkan corporate image merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat produk atau jasa dan ini menjadi faktor pendorong konsumen dalam menggunakan suatu produk. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh promosi dan corporate image terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan haji iB maslahah. Dalam penelitian ini, obyek penelitiannya yaitu nasabah tabungan haji iB maslahah Bank Jabar Banten Syariah KCP Sumber. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah 92 responden dari 1.164 populasi nasabah tabungan haji iB maslahah Bank Jabar Banten Syariah KCP Sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 26. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel promosi terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung sebesar (5,048) > ttabel (1,98667) serta pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,1. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel corporate image terhadap keputusan nasabah dengan nilai nilai thitung sebesar (5,580) > ttabel (1,98667) serta pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,1. Dan secara simultan variabel promosi dan corporate image bersama-sama mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan tabungan haji iB Maslahah sebesar nilai Fhitung (116,152) > nilai Ftabel (2,36) dan hasil uji koefisien determinasi R2 sebesar 72,3%, sedangkan sisanya 27,7% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Promosi, Corporate Image, Keputusan Nasabah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10631 |
Actions (login required)
View Item |