PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI DOMPET DIGITAL DANA

DEVI SRIHARDIANTI, (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI DOMPET DIGITAL DANA. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203203_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203203_2_bab1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203203_6_bab5.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203203_7_dafpus.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

DEVI SRIHARDIANTI. NIM: 1908203203, “PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI DOMPET DIGITAL DANA”, 2023 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan financial technology yang begitu pesat, salah satunya dengan adanya dompet digital atau e�wallet di Indonesia. Persepsi kemudahan dan fitur layanan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kepuasan penggunanya. Dengan adanya dompet digital diharapkan dapat mempermudah proses transaksi dengan aman, praktis dan efisien sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara persepsi kemudahan dan fitur layanan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna aplikasi dompet digital DANA. Jenis penelitian ini adalah asosiatif (hubungan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 88 responden dari populasi 754 mahasiswa menggunakan rumus slovin dengan standar eror 0,1 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan diperoleh nilai t hitung (3,070) > t tabel (1,988) dan nilai signifikan sig hitung (0,003) < (0,05) artinya persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, dan fitur layanan diperoleh nilai t hitung (3,171) > t tabel (1,988) dan nilai signifikan sig hitung (0,002) < (0,05) artinya fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji simultan (uji f) menunjukkan nilai F hitung sebesar (40,006) > f tabel (3,10) dengan tingkat signifikan sig hitung 0,000 < 0,05 artinya variabel persepsi kemudahan dan fitur layanan secara simultan mempengaruhi variabel kepuasan pengguna. Dilihat dari nilai koefisien determinasi (R²) yaitu sebesar 0,485 atau 48,5% artinya bahwa pengaruh persepsi kemudahan dan fitur layanan secara simultan mempengaruhi variabel kepuasan mahasiswa pengguna aplikasi dompet digital DANA. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Kepuasan Pengguna.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:18
Last Modified: 08 Jun 2023 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item