ANALISIS PENGETAHUAN DAN TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT PADA PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Limbangan Kec. Losari Kab. Brebes)

Toufiqoturohmaniah, (2023) ANALISIS PENGETAHUAN DAN TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT PADA PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Limbangan Kec. Losari Kab. Brebes). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203216_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203216_2_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203216_6_bab5.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203216_7_dafpus.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Toufiqoturohmaniah. NIM: 1908203216, “ANALISIS PENGETAHUAN DAN TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT PADA PRODUK DAN JASA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Limbangan Kec. Losari Kab. Brebes)”, 2023. Bank Syariah merupakan bank yang kegiatannya tidak melimpahkan bunga ataupun tidak melunasi bunga pada nasabah. Balasan yang diperoleh oleh bank syariah ataupun yang dibayarkan pada nasabah terkait dari akad serta akad antara nasabah serta bank. Akad yang ada di perbankan syariah wajib pada syarat serta rukun akad begitu juga diatur dalam syariah Islam. Kepopuleran bank syariah tidak terlepas dari pengetahuan masyarakat kepada bank syariah itu sendiri, dimana masyarakat selaku nasabah. Pandangan masyarakat pada bank syariah seperti itu yang hendak memastikan kepopuleran bank syariah. Untuk tingkatkan kepopuleran bank, pihak bank wajib memiliki upaya yang kuat. Antara lain, advertensi, mengganti pemikiran warga mengenai bank syariah serta sosialisasi pada masyarakat mengenai produk bank. Namun dalam perihal ini masih banyak tantangan serta kasus yang dialami dalam kemajuan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana pengetahuan masyarakat desa limbangan pada produk dan jasa bank syariah, Bagaimana tingkat religiusitas masyarakat desa limbangan pada produk dan jasa bank syariah”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan pendekatan studi kasus. Adapun hasil dari penelitian ini: masih banyak dari masyarakat Desa Limbangan yang tidak mengetahui bank syariah serta produk dan jasa yang ditawarkan oleh bank syariah. Hanya sebagian masyarakat yang mengetahui bank syariah akan tetapi tidak tahu mekanisme bank syariah. Mereka lebih tertarik dengan fasilitas yang disediakan oleh bank konvensional dibandingkan bank syariah. apabila dikaitkan dengan proses sosialisasi dan edukasi itu sendiri, bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh bank syariah harus lebih ditingkatkan agar masyarakat semakin dapat memperoleh informasi secara memadai. Apabila dibandingkan dengan bank konvensional, maka sosialisasi yang dilakukan oleh bank syariah masih belum sepadan. Tingkat religiusitas masyarakat desa Limbangan dikatarakan rendah. Sebagian besar masyarakat desa Limbangan tergolong masyarakat yang mempunyai pola pikir tradisional, masyarakat desa Limbangan tetap memilih bank konvensional dibandingkan dengan bank syariah yang notabenenya adalah bank syariah merupakan bank yang sesuai dengan prinsip Islam dan menjunjung tinggi asas-asas keadilan dan faktor yang mempengaruhi masyarakat desa Limbangan adalah ekonomi, pendidikan, lingkungan dan lokasi. Kata Kunci: Bank Syariah, Produk dan Jasa Bank Syariah, Pengetahuan serta Tingkat Religiusitas Bank Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item View Item