PENGARUH E-COMMERCE DENGAN SISTEM SHOPEE PAY DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DESA LUWUNG KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON

WIDI AULIA PUTRI, (2023) PENGARUH E-COMMERCE DENGAN SISTEM SHOPEE PAY DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DESA LUWUNG KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203068_1_cover.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203068_2_bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203068_6_bab5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203068_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

WIDI AULIA PUTRI NIM : 1908203068 “PENGARUH E-COMMERCE DENGAN SISTEM SHOPEE PAY DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DESA LUWUNG KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON”, 2023 Shopee memiliki fitur pembayaran shopee pay karena banyak transaksi yang bisa dilakukan dengan fitur ini seperti membeli pulsa, membeli token listrik, berbelanja kebutuhan rumah tangga sehingga tidak perlu repot keluar rumah sedangkan shopee paylater yaitu inovasi dari financial technology atau Fintech sebagai alternatif pembayaran tanpa kartu kredit. Fitur cicilan tanpa kartu kredit kini menjadi trend yang sangat menarik perhatian bagi kaum milenial. Akibatnya, banyak dari mereka hanya mengikuti trend yang tanpa sadar telah mengubah mereka menjadi masyarakat konsumtif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh e-commerce dengan sistem shopee pay dan shopee paylater terhadap perilaku konsumtif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian literatur review. Sumber data yang digunakan ialah sumber data berjenis sekunder dengan meriview artikel dalam jurnal dan sekunder buku dalam mendukung penelitian ini. Pada penelitian ini prilaku komsumtif signifikan dipengaruhi oleh variabel shopee pay dan shopee paylatter. Dari hasil uji regresi didapat Nilai R-square sebesar 0,371 yang berarti kontribusi pengaruh yang diberikan oleh shopee pay dan shopee paylatter terhadap prilaku komsumtif pada masyarakat Desa Luwung Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebesar 37,1%, sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t variabel shopee pay terhadap variabel perilaku konsumtif hipotesis 1 diterima karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dan variabel shopee paylatter terhadap variabel perilaku konsumtif hipotesis 2 diterima karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif sedangkan uji F bahwa variabel shopee pay dan shopee paylatter terhadap perilaku konsumtif hipotesis diterima. Kata kunci : shopee pay, shopee paylater, masyarakat konsumtif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:35
Last Modified: 12 Jun 2023 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10643

Actions (login required)

View Item View Item