Pengaruh Sosialisasi Dan Motivasi Terhadap Minat Pedagang Pasar Induk Sandang Tegal Gubug Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia

ISROBY RUNDHIA, (2023) Pengaruh Sosialisasi Dan Motivasi Terhadap Minat Pedagang Pasar Induk Sandang Tegal Gubug Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203159_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203159_2_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203159_6_bab5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203159_7_dafpus.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

ISROBY RUNDHIA. NIM : 1908203159, “Pengaruh Sosialisasi Dan Motivasi Terhadap Minat Pedagang Pasar Induk Sandang Tegal Gubug Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia”, 2023. Perbankan syariah adalah suatu lembaga bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan ('adl wa tawazun), kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiyah), serta tidak mengandung gharar, maysir, riba, zalim dan obyek yang haram. Dengan lahirnya Bank Syariah Indonesia diharapkan memberikan layanan dan solusi keuangan syariah yang lengkap, modern dan universal. Akan tetapi pada kenyataanya, masih terdapat pelaku usaha yang masih belum menggunakan produk Bank Syariah Indonesia dikarenakan masih belum memahami konsep dari bank syariah. Terlihat dari jumlah nasabah industri perbankan syariah dalam 3 tahun terakhir (2020-2022) berjumlah 47.701.487 nasabah, dan tahun 2022 nasabah Bank Syariah Indonesia memiliki nasabah berjumlah 17,78 juta nasabah atau hanya mencapai 37,27% dari total nasabah industri perbankan syariah. Hal ini dapat dilihat bahwa jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh sosialisasi dan motivasi terhadap minat pedagang Pasar Induk Sandang Tegal Gubug menggunakan produk Bank Syariah Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menggunakan produk (Y), sedangkan variabel independen yaitu sosialisasi (X1) dan motivasi (X2). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedagang pasar induk sandang tegal gubug. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diketahui sampel pada penelitian ini berjumlah 98 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan penyebaran kuisioner penelitian. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis linear berganda, uji koefisien dan uji hipotesis menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 22. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu secara parsial variabel sosialisasi dengan nilai thitung (3,612) > ttabel (1,984) dan variabel motivasi dengan thitung (3,622) > ttabel (1,984) memiliki pegaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pedagang pasar induk sandang tegal gubug menggunakan produk bank syariah indonesia. Lalu secara simultan variabel sosialisasi dan motivasi bersama�sama mempengaruhi minat pedagang pasar induk sandang tegal gubug menggunakan produk Bank Syariah Indonesia dengan nilai Fhitung (31.431) > Ftabel (2.36) dan hasil dari uji koefisien determinan (R2 ) sebesar 39,8%, sedangkan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Sosialisasi, Motivasi, Minat, Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:14
Last Modified: 13 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10650

Actions (login required)

View Item View Item