ANALISIS PENGARUH LITERASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK KENDARAAN BERMOTOR DI BANK SYARIAH (Survei Pada Masyarakat Kota Cirebon)

Maulana Rifki Juliyanto, (2023) ANALISIS PENGARUH LITERASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK KENDARAAN BERMOTOR DI BANK SYARIAH (Survei Pada Masyarakat Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808203131_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203131_2_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203131_6_bab5.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203131_7_dafpus.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Maulana Rifki Juliyanto, NIM: 1808203131, “ANALISIS PENGARUH LITERASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH UNTUK KENDARAAN BERMOTOR DI BANK SYARIAH (Survei Pada Masyarakat Kota Cirebon)”. Dari berbagai produk yang ditawarkan oleh Bank syariah, pembiayaan pembelian kendaraan bermotor menjadi salah satu produk unggulan dan banyak masyarakat yang berminat. Namun pada kenyataannya pemahaman sebagaian masyarakat tentang pembiayaan kendaraan bermotor pada Bank Syariah ini masih sangat minim, tidak sebanding dengan banyaknya peminat kendaraan bermotor. Di dalam dunia perbankan promosi produk perlu untuk di lakukan sebab masyarakat dengan latar belakang yang beragam memerlukan akses untuk mengenal produk dari bank syariah. Promosi juga berfungsi mengingatkan nasabah akan produk, mempengaruhi nasabah untuk membeli, dan akhirnya promosi juga akan meningkatkan citra perusahaan di mata nasabah. Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh literasi dan promosi terhadap minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan murabahah untuk kendaraan bermotor di bank syariah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden dari populasi 336,86 menggunakan rumus slovin dengan standar eror 0,10 atau 10%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian ini bahwa literasi secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan murabahah untuk kendaraan bermotor di bank syariah dengan nilai signifikansi 0,001, Begitu juga dengan variabel promosi secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan murabahah untuk kendaraan bermotor di bank syariah dengan nilai signifikansi 0,057. Secara simultan literasi dan promosi bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat dalam mengajukan pembiayaan murabahah untuk kendaraan bermotor di bank syariah dengan kontribusi sebesar 27,6% sedangkan 72,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Pengetahuan, Promosi, Minat, Pembiayaan, Murabahah, Bank Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:37
Last Modified: 19 Jun 2023 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item