STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN ORIENTASI DAN KINERJA PEMASARAN (Survei Pada Pabrik Industri Haji Olla dalam Pembuatan Tahu Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon)

Gita Dewi Cahyani, (2023) STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN ORIENTASI DAN KINERJA PEMASARAN (Survei Pada Pabrik Industri Haji Olla dalam Pembuatan Tahu Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1808203176_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203176_2_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203176_6_bab5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203176_7_dafpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gita Dewi Cahyani, NIM: 1808203176, “STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN ORIENTASI DAN KINERJA PEMASARAN (Survei Pada Pabrik Industri Haji Olla dalam Pembuatan Tahu Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon)”. Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru. Mewabahnya virus corona ini mulai memberikan dampak negatif terhadap roda perekonomian terutama terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menegah karena masa pandemi membuat pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara ketat hal ini membuat pabrik-pabrik tahu yang terletak dipinggir jalan tidak bisa menjalankan produksinya ditambah adanya patroli satpol pp untuk memeriksa dan membubarkan jika terjadi kerumunan. Inovasi produk sebagai salah satu strategi meningkatkan hasil kinerja yang maksimal bagi perusahan serta mengatasi permasalahan yang ada seperti penurunan yang diakibatkan adanya wabah Covid- 19. Dengan berinovasi perusahaan akan lebih berhasil merespon lingkungannya dan mengembangkan kemampuan baru dimana hal ini dapat menghasilkan keunggulan kompetitif dan akan berdampak pada kinerja pemasaran. Orientasi pasar mencerminkan kompetensi dalam memahami pelanggan, karena itu mempunyai peluang memberi kepuasan pada pelanggan serta orientasi pasar mampu menciptakan perilaku-perilaku yang dapat memberikan dampak positif bagi konsumen serta akan menghasilkan kinerja yang superior bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi produk yang dilakukan Pabrik Haji Olla dalam Pembuatan Tahu di Kec.Harjamukti dalam meningkatkan orientasi pasar dan kineja pemasaran pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan inovasi produk yang dilakukan oleh perusahaan yaitu menyediakan produk dengan ragam harga disesuaikan dengan tujuan pasar yang menjadi target penjualan. Untuk meningkatkan orientasi pasar perusahaan melalukan beberapa strategi yaitu dengan mempertahankan rasa dan kualitas produk. Perusahaan dalam memperoleh peluang pasar baru melakukan strategi dengan melihat kuota pembeli tiap pasar lalu menghitung berapa jumlah pedagang berapa kios dan berapa pendapatannya setelah itu perusahaan hanya akan mengambil 10% dari omset. Dengan inovasi produk yang dilakukan selama masa pandemi pelanggan mengalami peningkatan sekitar 25% dari sebelumnya, hasil keuntungan selama masa pandemi dikembalikan lagi kepada karyawan sebagai bonus, serta hasil keuntungan selama masa pandemi digunakan untuk menambah fasilitas dan konsumsi karyawan. Kata kunci: Inovasi, Orientasi Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Industri Tahu

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:49
Last Modified: 19 Jun 2023 06:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item