EVALUASI PEMBELAJARAAN PERSAMAAN KUADRAT DI SMP MENGGUNAKAN MODEL CIPP

INKA FIRDA RAHMAN, (2022) EVALUASI PEMBELAJARAAN PERSAMAAN KUADRAT DI SMP MENGGUNAKAN MODEL CIPP. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105007_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105007_2_bab1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105007_6_bab5.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105007_7_dafpus.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Salah satu pokok bahasan matematika kelas IX adalah persamaan kuadrat. Pokok bahasan ini dianggap sulit oleh Sebagian peserta didik karena kesulitan dalam memahami rumus menentukan akar-akar persamaan kuadrat. Untuk itu, perlu dilakukannya evaluasi pembelajaran persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi konteks, masukan, proses, dan produk pembelajaran persamaan kuadrat di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian evaluatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Gunung Jati dan SMP IT Fatahillah. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tujuan pembelajaran persamaan kuadrat sudah dirancang dengan baik dan mengacu pada UU No. 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, 2) sarana pada kedua sekolah adalah buku cetak dan media pembelajaran. Di SMPN 2 Gunung Jati mempunyai media pembelajaran Power Point, sedang SMP IT Fatahillah belum menggunakan media pembelajaran. Namun, guru sebaiknya memiliki media pembelajaran yang dinamis berbasis computer untuk dapat mengilustrasikan persamaan kuadrat. Di samping itu, guru matematika sudah terkualifikasi secara akademik menurut UU No. 19 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Sebelum melakukan pembelajaran, guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun, RPP yang digunakan belum melakukan pembaharuan menurut Permendikbud No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP, 3) Proses pembelajaran yang dilakukan belum sesuai dengan RPP, yaitu pembelajaran belum menyasar pada keseluruhan tujuan pembelajaran persamaan kuadrat. begitupun dengan evaluasi belajar yang dilakukan. Di samping itu, peserta didik menganggap materi ini sulit sebab diantaranya peserta didik sudah memiliki perspektif bahwa matematika sulit dan kurangnya motivasi belajar, 4) Penilaian yang dilakukan sudah mengacu pada Permendikbud N0. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendiidkan Pada Bab II Pasal (3), yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:38
Last Modified: 06 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10848

Actions (login required)

View Item View Item