PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI MAN 2 INDRAMAYU

FATIHATUL AZIZAH, (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS XI MAN 2 INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105097_1_cover.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105097_2_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105097_7_dafpus.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105097_7_dafpus.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika kurang diminati siswa, terbukti dengan hasil belajar siswa kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah transformasi geometri. Banyak siswa yang masih menggunakan hafalan rumus dalam pembelajaran matematika tanpa mengetahui aplikasi dari materi yang sedang dipelajari. Disisi lain, perlu adanya inovasi guru dalam pembelajaran matematika agar siswa dapat belajar dengan mudah. STEAM adalah pendekatan pembelajaran yang memuat lima disiplin ilmu yaitu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Salah satu komponen yang harus di siapkan guru adalah menyiapkan modul pembelajaran yang dikemas dengan teknologi. E-modul menjadi alternatif jawaban untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa menggunakan e-modul berbasis STEAM berbantuan flip book maker pada pokok bahasan transformasi geometri yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development. Prosedur penelitian ini adalah model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba pemakaian terdiri dari 15 orang siswa MAN 2 Indramayu, Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa dan tes pretest-postest. Teknik analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis STEAM memiliki kualitas layak dan efektif. Hal tersebut ditunjukkan dari penilaian ahli media sebesar 93,95% dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 90,45% dengan kriteria sangat layak, 81,67% dari respon siswa dengan kriteria sangat kuat. Selain itu diperoleh nilai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:24
Last Modified: 06 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item