ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR YINGKAT TINGGI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO TIER MULTIPLE CHOICE KELAS XI SMA/MA

MAULIDFA MUDDHALIFAH, (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR YINGKAT TINGGI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO TIER MULTIPLE CHOICE KELAS XI SMA/MA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608105118_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608105118_2_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608105118_6_bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608105118_7_dafpus.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA di MAN 6 Jakarta pada materi matriks dengan menggunakan instrumen tes Two Tier Multiple Choice (TTMC). Instrumen tes yang digunakan berdasarkan pada taksonomi Bloom yaitu menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tahapan penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: (1) pendahuluan; (2) pembuatan instrumen; dan (3) Uji Coba dan Analisis. Instrumen tes terdiri dari 15 soal matriks yang telah divalidasi oleh satu guru dan satu dosen matematika. Penelitian ini dilakukan kepada 62 siswa dengan hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berada pada kategori sedang. Siswa yang berada pada kategori sedang sebanyak 35 siswa (56%) yang memperoleh total skor antara 13 sampai 18. Pemahaman yang dimiliki siswa dapat dilihat pada banyaknya jawaban benar siswa pada tier pertama dan tier kedua. Dalam penelitian ini, siswa cenderung kurang memahami soal. Instrumen yang digunakan valid dengan nilai korelasi 1, reliabilitas 0,858 dan indeks kesukaran soal antara 0,24 sampai 0,86.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:50
Last Modified: 06 Jul 2023 02:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item