EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ADE HADIANA, (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908105176_1_cover.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908105176_2_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908105176_6_bab5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908105176_7_dafpus.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang bertambah canggih seperti sekarang ini menuntut para konsumen untuk mampu menguasai berbagai macam teknologi. Pemanfaatan teknologi dapat merubah suasana pembelajaran di kelas serta mempengaruhi peserta didik menjadi semakin aktif dan berpartisipasi pada jalannya pembelajaran. Sejalan dengan data dari Programme For International Student Assessment (PISA) bahwa hasil PISA dalam bidang matematika Indonesia cukup rendah. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa di Indonesia hampir 80% dari peserta didik menempati pada urutan rendah. Proses belajar belum menerapkan atau memanfaatkan teknologi yang interaktif yaitu pada saat melakukan pembelajaran kepada peserta didik seperti halnya games edukasi interaktif. Tiap pengajar masih menggunakan metode konvensional pada saat memberikan pengajaran dikesehariannya, sehingga siswa merasa kebosanan pada saat mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas. Untuk itu perlu adanya inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis wordwall pada pembelajaran matematika. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 2 dosen tadris matematika, 36 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan 36 siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan model ASSURE, yaitu : 1) Analyze Learner, 2) States Objectives, 3) Select Methods, Media, and Materials, 4) Utilize Media and Materials, 5) Require Learner Participation, 6) Evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, tes, serta observasi dan dokumentasi. Media pembelajaran dikatakan layak apabila valid, yang dapat dilihat dari validasi ahli materi dan ahli media yang menghasilkan skor rata-rata validasi media 5 dengan prentase 100% dengan kategori “Sangat Layak” dah ahli materi yaitu 4 dengan persentase 80% dengan kategori “Layak”, maka dapat dikatakan valid, kemudian praktis dapat dilihat dari angket siswa yang mendapat skor rata�rata 90,33% yang artinya “Sangat Praktis”. Serta efektif dapat dilihat dari jumlah siswa pada kelas eksperimen yang mendapat nilai tuntas pada posttest sebanyak 100% maka dikatakan efektif. Hasil uji Independent Samples Test pada tahap uji coba pemakaian kelas eksperimen menunjukan nilai sig 0,001 yang menyatakan bahwa rata-rata kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan, dan nilai rata-rata ngain pada kelas eksperimen yaitu 0,7 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,68 maka dapat dinyatakan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas kontrol. Jadi pengembangan media pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematatika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:19
Last Modified: 06 Jul 2023 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item