MODEL INTEGRASI MATEMATIKA DENGAN DALIL NAQLI

FAKHRUR ROZI, (2023) MODEL INTEGRASI MATEMATIKA DENGAN DALIL NAQLI. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105127_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105127_2_bab1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105127_6_bab5.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105127_7_dafpus.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Saat ini, pendidikan matematika harus dikaitkan dengan integrasi Islam (keberadaan/keesaan Allah SWT) di masyarakat. Karena pada masa sekarang ini, negara-negara Barat telah menghubungkan model pendidikannya dengan kerangka ideologis. Misalnya seperti Dr. Wakar Husein Di Amerika Serikat, ilmu-ilmu sosial dan humaniora diajarkan dalam konteks budaya Amerika. Di Uni Soviet, semua siswa diwajibkan untuk mempelajari sejarah Partai Komunis Uni Soviet, Etika Marxis, Filsafat dan Estetika Marxis-Leninis, dasar-dasar ateisme ilmiah, ekonomi politik, dan komunisme ilmiah sebagai bagian dari pendidikan sains dan non-ilmu pengetahuan mereka. mata pelajaran teknis. Hanya di negara-negara Islam ada campuran pedagogis keyakinan. Dengan disiplin sosio-teknis dan tekno�humanisme yang belum terjadi. Integrasi matematika dan agama bukan hanya upaya untuk menggabungkan agama dalam matematika. Lebih jauh lagi, matematika bukanlah Islam. Kombinasi matematika dan agama bukan merupakan Islamisasi matematika. Tujuan dari integrasi ini bukan untuk menghasilkan matematika Islam. Hal ini akan mengakibatkan munculnya matematika Kristen, matematika Hindu, matematika Buddha, matematika Konfusianisme, dll. Integrasi ini tidak dimaksudkan untuk membuat matematika lebih religius, tetapi lebih untuk membuat orang beragama lebih religius melalui matematika. Lebih tepatnya, ini adalah Islamisasi orang dan lingkungan mereka melalui matematika. Oleh karena itu, matematika adalah alat untuk mencapai tujuan kreatif. Dalam Al-Qur'an dan Hadits (Dalil Naqli), tidak ada perbedaan antara ilmu agama dan ilmu biasa; Al�Qur'an adalah ilmu. Distribusi informasi agama dan ilmiah umum adalah produk penilaian manusia. Ini mengklasifikasikan sains berdasarkan materi pelajaran dan penelitiannya. Beberapa ayat dari Al-Qur'an dan hadits dari Nabi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara ilmu agama dan ilmu umum. Salah satu ayat tersebut adalah Q.S. Al-Qashah (28):77. Rekomendasi untuk semua Muslim Kebahagiaan adalah keseimbangan antara dunia ini dan akhirat. Penelitian ini termasuk dalam kategori tinjauan pustaka karena menggabungkan berbagai bahan bacaan, termasuk buku, jurnal, dan temuan penelitian sebelumnya. Bentuk penelitian studi kepustakaan ini didasarkan pada data yang digali dari beberapa sumber tekstual, seperti hasil penelitian. Ada total 29 surat, terdiri dari 23 surat Mekah dan 6 surat Madinah. Ada 308 ayat dalam Al-Qur'an yang merujuk kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena fakta bahwa Al-Qur'an dapat dilihat dari berbagai sudut pandang ilmiah, ia berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi banyak akademisi. Demikian pula, ayat-ayat Al-Qur'an yang mengandung prinsip-prinsip matematika baik secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan bidang matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:36
Last Modified: 06 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item