ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DISKALKULIA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMPN 3 PALIMANAN)

KHOFIYAH, (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DISKALKULIA SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMPN 3 PALIMANAN). Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105080_1_cover.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105080_2_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105080_6_bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105080_7_dafpus.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penyebab diskalkulia siswa dalam pembelajaran matematika (studi kasus dikelas VIII SMPN 3 Palimanan). Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Data penelitian ini diambli dari data wawncara dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab diskalkulia siswa dalam pembelajaran matematika terbagi atas 5 faktor yaitu faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Pada faktor fisiologis ditemukan bahwa peserta didik mengalami gangguan kesehatan, hal ini didasarkan pada presentase hasil angket sebanyak 73,41%. Peserta didik mengalami kesulitan pada faktor psikologis didukung dengan hasil angket 72,66%. Faktor keluarga juga mejadi salah satu penyebab peserta didik mengalami kesulitan belajar meskipun tidak yang signifikan, hal ini didukung pada hasil angket sebesar 67,95%. Meskipun sekolah selalu memberikan dukungan dan fasilitas pada peserta didik akan tetapi faktor sekolah pun menjadi salah satu faktor penyebab kesulitan belajar siswa, hal ini berdasarkan hasil angket sebanyak 68,60%. Faktor masyarakat menunjukan bahwa tidak adanya dukungan dari masyarakat untuk peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar, hal ini didasarkan pada hasil angket sebesar 74,39%. Untuk upaya yang harus dilakukan oleh guru terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan cara menganalisis kesulitan apa yang sedang dihadapi oleh peserta didik dan menemukan metode yang cocok untuk mengatasi hal tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:21
Last Modified: 05 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item