MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PESANTREN DI MA AL-HIKMAH CIREBON

PUTRI INDAH SARI, (2022) MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PESANTREN DI MA AL-HIKMAH CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105072_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105072_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105072_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105072_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum dan pembelajaran matematika berbasis pesantren di MA Al-Hikmah Cirebon. Manajemen kurikulum ditinjau dari pengelolaan kurikulum yang meliputi: perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Sedangkan manajemen pembelajaran meliputi: perencanaan proses pembelajaran matematika, pelaksanaan pembelajaran matematika, evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek di penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wk Kurikulum, Guru Matematika, dan Siswa MA Al-Hikmah Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kurikulum, pertama dalam perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah: a) menentukan tujuan, b) menentukan proses pembelajaran, c) menentukan materi pembelajaran, dan d) evaluasi pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan mendukung kurikulum KUBAQUBATA itu sendiri yaitu dengan mengimplemtasikan Tahfidz, Bahasa, dan Tarbiyah ke semua struktur kurikulum atau pembelajarannya. Ketiga, Evaluasi kurikulum dilakukan secara berdiskusi atau bertukar pendapat, evaluasi dilakukan dua kali, yaitu tingkat yayasan dan tingkat madrasah. (2) Manajemen pembelajaran matematika berbasis pesantren di MA Al-Hikmah Cirebon ini terdapat 3 macam, yaitu: pertama, perencanaan pembelajaran dalam tahap ini guru membuat dan menghasilkan perangkat pembelajaran seperti Program Tahunan, Program Semester. Silabus, RPP, serta materi pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dalam tahap ini guru sebisa mungkin mengaitkan materi pembelajaran dengan ayat-ayat Al-Qur‟an dan menggunakan dua bahasa dalam kegiatan pembelajaran. Ketiga, Evaluasi pembelajaran dalam tahap ini MA Al-Hikmah menggunakan dua bentuk evaluasi yaitu evalasi tes dan non tes. (3) Faktor pendukungnya adalah prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah media pembelajaran yang belum memadai dan memahami para siswa terhadap materi pembelajaran karena para siswa memiliki pola belajar yang berbeda-beda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:41
Last Modified: 06 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item