EKSPLORASI SITUASI DIDAKTIS PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI RUANG SISI DATAR KELAS VIII

ALMA IDAH, (2022) EKSPLORASI SITUASI DIDAKTIS PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1708105067_1_cover.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708105067_2_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708105067_6_bab5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708105067_7_dafpus.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai karakteristik hambatan epistimologis siswa pada konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar yang kemudian disusun desain didaktis untuk mengatasi hambatan siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan terhadap 32 orang siswa kelas IX dan 30 orang siswa kelas VIII MTs Bina Cendekia Cirebon yang kemudian diambil sample 9 orang dari kelas IX untuk dilakukan analisis learning obstacle pada siswa, dan sample 9 orang dari kelas VIII untuk dilakukan analisis restrospektif. Desain didaktis disusun melalui tiga tahapan. Pertama penyusunan desain didaktis awal berdasarkan hambatan yang teridentifikasi pada siswa, kedua analisis metapedadidaktik untuk mengimplementasikan desain didaktis yang telah disusun, ketiga analisis retrospektif untuk membuat desain revisi dari hasil perbandingan desain didaktis awal dengan hasil implementasi. Penelitian ini menghasilkan desain didaktis yang disusun menjadi 4 pertemuan. Berdasarkan hasil implementasi menunjukkan bahwa hambatan epistimologis siswa dapat teratasi meskipun masih ada yang muncul saat pembelajaran. Sehingga peneliti menyusun desain empirik untuk melengkapi desain didaktis awal agar hambatan epistimologis siswa dapat teratasi dengan baik. Hasil desain empirik tidak jauh berbeda dengan desain didaktis awal, hanya terdapat perbaikan pada desain tertentu seperti dibutuhkannya alat peraga untuk membantu siswa dalam belajar, dan juga ditambahkan beberapa respon yang tidak terprediksi sebelumnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:45
Last Modified: 06 Jul 2023 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10983

Actions (login required)

View Item View Item