PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

AULIA LAUZA USWATUN HASANAH, (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105147_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105147_2_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105147_6_bab5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105147_7_dafpus.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan indonesia mengalami penurunan, hal tersebut salah satunya dapat diketahui dari peringkat Indonesia dalam PISA, dalam hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang telah dirilis pada hari Selasa, 3 Desember 2019, menyatakan bahwa peringkat PISA Indonesia tahun 2018 turun apabila dibandingkan dengan hasil PISA tahun 2015. Studi ini membandingkan kemampuan matematika, membaca, dan kinerja sains dari tiap anak, terutama pada kategori matematika, Indonesia berada di peringkat 7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar e-book interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D yang mengacu pada model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Karena keterbatasan penulis, penelitian hanya dilakukan sampai tahap evaluate tanpa penyebarluasan produk. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C SMPN 14 Kota Cirebon 2021/2022 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Yang mana didapatkan hasil validasi produk secara keseluruhan sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, dan untuk kepraktisan produk yang diperoleh dari respon siswa dan guru sebesar 86% dan 91%, dengan kriteria sangat praktis. Kualitas keefektifan penggunaan produk untuk meningkatkan hasil belajar matematika tergolong dalam kategori cukup efektif, pernyataan ini berdasarkan hasil uji ketuntasan KKM secara klasikal dengan hasil sebesar 71%, dari hasil uji regresi linear sederhana didapatkan nilai F hitung = 52,77 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, dan dari hasil uji determinasi didapatkan nilai Rsquare = 0,645 yang artinya penggunaan bahan ajar e-book interaktif yang dikembangkan terhadap hasil belajar matematika siswa memiliki pengaruh sebesar 64, 5%, dan dari hasil uji koefisien korelasi didapatkan nilai signifikansi variabel x dan y sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisiennya sebesar 0,803 yang artinya terdapat hubungan dengan kriteria sangat erat, untuk hasil uji N-gain didapatkan rata-rata skor N-gain sebesar 0,586, atau 58,6% dengan demikian kriteria keefektifan berada pada kategori sedang atau cukup efektif. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan e�book interaktif menjadi lebih menarik dengan menambahkan animasi, dan juga tidak hanya terbatas dengan materi statistika saja tetapi untuk semua materi dan sub materi yang ada dalam mata pelajaran matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:02
Last Modified: 06 Jul 2023 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item