ANALISIS PROBLEMATIC SMARTPHONE USE PADA STRES AKADEMIK MAHASISWA DI JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

REIZAN HEIDAR, (2023) ANALISIS PROBLEMATIC SMARTPHONE USE PADA STRES AKADEMIK MAHASISWA DI JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105086_1_cover.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105086_2_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105086_6_bab5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105086_7_dafpus.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan secara online pada masa pandemi telah mengaharuskan mahasiswa belajar menggunakan gadget atau smartphone, penggunaan smartphone yang dilakukann secara terus menerus ternyata dapat mempengaruhi psikologis mahasiswa. Salah satu dampak pelaksanaan pembelajaran yakni problematic smartphone use, yaitu situasi dimana mahasiswa mengalami masalah penggunaan smartphone yaitu penggunaan smartphone bersifat kompulsif yang dilakukan oleh individu yang mengakibatkan terganggunya produktivitas dan menyebabkan masalah psikologi. Salah satu gejala problematic smartphone use adalah sulit berkonsetrasi, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam memahami pelajaran. Salah satu faktor penyebab seseorang mengalami problematic smartphone use adalah stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran problematic smartphone use dan stres akademik yang dialami oleh mahasiswa jurusan Tadris Matematika, mengidentifikasi tingkat problematic smartphone use dan stres akademik yang dialami oleh mahasiswa, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat problematic smartphone use yang dialami oleh mahasiswa jurusan tadris Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Peneltian ini dilakukan terhadap 61 mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menggunakan teknik simple random sampling dan purposive sampling untuk memilih dan memilah mahasiswa yang akan diwawancarai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengukuran dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, tingkat stres akademik yang lebih dominan dialami oleh mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan 2020 dan 2021 adalah kategori tingkat stres akademik tinggi dengan nilai persentase 45,91%, 28 mahasiswa mengalami problematic smartphone use dengan nilai persentase 77,05%. dan faktor yang mempengaruhi tingkat problematic smartphone use pada mahasiswa yaitu sensation seeking yang tinggi, kontrol diri yang rendah, hubungan sosial, dan stres akademik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:20
Last Modified: 06 Jul 2023 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item