PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR PESERTA DIDIK) MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN

SITI HINDUN SUCIAWATY, (2022) PENGEMBANGAN LKPD (LEMBAR PESERTA DIDIK) MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105112_1_cover.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105112_2_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105112_6_bab5.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105112_7_dafpus.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pola bilangan yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan mengggunakan model pengembangan Plom yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket validasi LKPD, respon siswa, motivasi belajar siswa, dan soal pretest-posttest, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan pengembangan. Berdasarkan hasil bahwa LKPD tersebut dinyatakan valid dengan perolehan skor pada ahli media sebesar 168, skor ahli materi sebesar 68, dan skor ahli bahasa sebesar 52. Berdasarkan hasil angket respon siswa kelas VIII A didapat bahwa LKPD tersebut dinyatakan praktis dengan skor rata-rata 85,8. Sedangkan berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa tersebut dinyatakan efektif dengan skor rata-rata 172,6. Berdasarkan hasil uji T-Independent Samples dan N-gain menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan namun tidak signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol karena diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,795 > 0,05, dapat disimpulkan bahwa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:35
Last Modified: 06 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item