NUR KHOLIFAH, (2023) EFEKTIVITAS INTEGRASI AL-QUR'AN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1415105094_1_cover.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
1415105094_2_bab1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
1415105094_6_bab5.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
1415105094_7_dafpus.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan literasi matematika. Kemampuan Literasi matematika siswa di indonesia masih terbilang rendah berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan program organisasi dibawah naungan OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) yang melakukan riset tentang kemampuan literasi matematika siswa. Riset ini dilakukan tiga tahun sekali dari tahun 2000 dengan mengambil sampel penelitian, yaitu di 70 Negara dari berbagai belahan dunia, termasuk negara Indonesia.Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Analisis penelitian ini adalah uji T, dengan uji prasyarat berupa uji normalitas yang diperoleh hasil berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh bahwa hasil bersifat homogen. Hasil penelitian ini Berdasarkan analisis hasil dengan uji-T diperoleh hasil berdasarkan nilai sign Two Sided p yaitu 0,001< 0,5 yang aritinya Ho di tolak. Apabila Ho ditolak, maka terdapat pengaruh perbedaan yang siginifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:50 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11020 |
Actions (login required)
View Item |