KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN CERPEN SISWA KELAS XI MA NUSANTARA ARJAWINANGUN TAHUN 2021/2022

AHMAD DENI HIDAYAT, (2022) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN CERPEN SISWA KELAS XI MA NUSANTARA ARJAWINANGUN TAHUN 2021/2022. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110038_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110038_2_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110038_6_bab5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110038_7_dafpus.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Ahmad Deni Hidayat, 2022. KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN CERPEN SISWA KELAS XI MA NUSANTARA ARJAWINANGUN TAHUN 2021/2022. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Tato Nuryanto, M.Pd pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model discovery learning terhadap hasil belajar cerpen, pemanfaatan model inovatif menjadi solusi untuk mengubah kelas yang pasif mejnadi aktif supaya menambah wawasan. Penelitian dilakukan sebagai materi pengayaan dengan pertimbangan pihak kurikulum dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia MA Nusantara Arjawinangun yakni pada materi Teks Cerpen kurang optimal di semester ganjil nilai yang diperoleh belum mencapai KKM. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Quasi Experimental Design menggunakan desain Post-test Only Control Group Design di mana terdapat kelas eksperimen dengan model pembelajaran Discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung, yang selanjutnya diberikan Posttestt untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan yang berbeda. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Keagamaan dan XI Sosial tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa dari pada menggunakan model konvensional pembelajaran langsung dengan perolehan uji-t yakni thitung 23,917 > ttabel 2,056 dan dengan rincian nilai rata-rata kelas eksperimen 87,96 dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,30. (2) Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI MA Nusantara Arjawinangun. Kata Kunci : cerpen, discovery learning, keefektifan, hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:45
Last Modified: 06 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item