KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BAGI SISWA KELAS XI MAN 2 KUNINGAN

NUNUNG NURHASANAH, (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BAGI SISWA KELAS XI MAN 2 KUNINGAN. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110017_1_cover.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110017_2_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110017_6_bab5.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110017_7_dafpus.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Nunung Nurhasanah. 2022. Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Bagi Siswa Kelas XI MAN 2 Kuningan. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) H. Udin Kamiluddin, MA., Pembimbing (2) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah. Selain itu, kemampuan siswa dalam keterampilan menulis masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI MAN 2 Kuningan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Sampel pada penelitian ini 64 responden dari 322 populasi. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan tes membuat cerpen. Sumber data dalam penelitian berupa cerpen hasil siswa kelas XI MAN 2 Kuningan. Instrumen penelitian menggunakan tes membuat cerpen berdasarkan media gambar berseri. Teknik analisis data dengan membuat daftar skor mentah, membuat tabel frekuensi analisis deskriptif, analisis inferensial, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri tidak efektif dalam keterampilan menulis cerpen bagi siswa kelas XI MAN 2 Kuningan. Dari hasil pretest menunjukkan bahwa siswa kurang mampu dalam mengembangkan cerita menjadi cerita yang menarik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa. Selain itu, dalam aspek gaya bahasa, siswa kurang mampu menempatkan kata yang cocok dalam cerita. Hasil posttest menunjukkan hasil yang kurang sigifikan setelah dilakukan perlakuan berupa media gambar berseri. Siswa memang mampu mengembangkan imajinasinya, namun, kurang menarik. Hal ini disebabkan oleh pengguaan media gambar yang kurang cocok. Terlihat dari hasil siswa dalam menulis cerpen, bahwa siswa kurang mampu membangkitkan/mengembangkan imajinasi cerpen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:08
Last Modified: 07 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item