NILAI KEARIFAN LOKAL PADA LEGENDA KI BUYUT BATISARI KECAMATAN PABEDILAN DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN DRAMA DI SMP KELAS VIII

THITA SITI LESTARI, (2023) NILAI KEARIFAN LOKAL PADA LEGENDA KI BUYUT BATISARI KECAMATAN PABEDILAN DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN DRAMA DI SMP KELAS VIII. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110039_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110039_2_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110039_6_bab5.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110039_7_dafpus.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Thita Siti Lestari. 2022, Nilai Kearifan Lokal Pada Legenda Ki Buyut Batisari Kecamatan Pabedilan Dengan Pendekatan Sosiologi Sastra Dan Pemanfaatannya Sebagai Modul Pembelajaran Drama Di SMP Kelas VIII. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai kearifan local pada legenda Ki Buyut Batisari Kecamatan Pabedilan oleh masyarakat warga setempat, (2) pemanfaatan sebagai modul pembelajaran drama di SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dari penelitian ini adalah legenda Ki Buyut Batisari. Teknik pengumpulan data secara tidak langsung berpengaruh pada perolehan data penelitian, oleh karena itu teknik pengumpulan data harus disesuaikan dengan tujuan penelitian. penelitian ini, dalam pemerolehan data maka penulis menggunakan teknik data berupa: (1) Teknik simak, (2) Teknik catat. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai kearifan lokal dalam legenda mendeskripsikan data penelitian yang berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan yaitu nilai kearifan pada legenda Ki Buyut Batisari Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon berupa: (1) gotong royong, (2) Kejujuran, (3) Komitmen, (4) Percaya diri, (5) Kesopanan, (6) Kekuasaan, (7) Kejujuran. Dari pemanfaatan sebagai modul memuat KD 3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan drama setempat yang dibaca dan didengar, KD 4.16 Memerankan isi drama daerah setempat yang dibaca dan didengar. Implikasi nilai kearifan lokal pada legenda Ki Buyut Batisari Kecamatan Pabedilan dapat memudahkan guru dalam menjelaskan nilai budaya yang dapat dijadiikan sebagai pelajaran dan pelajar maupun generasi akan senantiasa melestarikan budaya lokal yang dimiliki khususnya kearifan lokal pada legenda Ki Buyut batisari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:23
Last Modified: 07 Jul 2023 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item