KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ULASAN DI SMA

NINING ISNAH, (2023) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ULASAN DI SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1608110045_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110045_2_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110045_6_bab5.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608110045_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Nining Isnah. 2022. Kritik Sosial Dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Teks Ulasan Di SMA. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd., Pembimbing (2) Tato Nuryanto, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan Ketertarikan terhadap novel kritik sosial karya Ahmad Tohari yang berjudul “Di Kaki Bukit Cibalak”. Novel ini merupakan salah satu karya sastra yang sarat akan kritik sosial. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kritik sosial yang terdapat dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari; (2) Memaparkan implementasi kritik sosial dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari sebagai bahan ajar teks ulasan di SMA. Jenis penelitian ini didasarkan pada jenis penelitian kualitatif Tempat yang digunakan dalam penelitian ini tidak terikat pada satu tempat karena objek yang dikaji berupa teks novel. Waktu yang digunakan dalam penelitian mulai dari akhir Januari 2023 hingga akhir Februari 2023. Adapun data dalam penelitian ini ialah data yang berwujud kata, ungkapan, kalimat kritik sosial yang terdapat dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan studi dokumentasi. Pengumpulan data ;lainnya menggunakan angket berupa angket validasi untuk menilai kelayakan bahan ajar yang telah dibuat dan disusun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil peneltian ditemukan sebanyak 25 data kritik sosial yang terdapat dalam novel Di Kaki Bukti Cibalak karya Ahmad Tohari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 9 kritik sosial dalam novel Di Kaki Bukti Cibalak karya Ahmad Tohari, di antaranya adalah 3 terkait masalah iiahasaiikan, kritik sosial terkait kebudayaan terdiri dari 3 data, kritik sosial terkait ketimpangan gender 2 data, Kritik sosial terkait konflik sosial terdapat 5 data, kritik sosial terkait kemiskinan terdapat 3 data, kritik sosial terkait kejahatan 2 data, kritik sosial terkait pelanggaran norma 2 data, kritik sosial terkait masalah generasi muda 1 data, dan kritik sosial terkait diskriminasi terdapat 4 data. Hasil validitas bahan ajar dari dua ahli yaitu memperoleh nilai rata-rata 83,33%, berdasarkan aspek penyajian materi memperoleh nilai rata-rata 86,66%, aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 83,33% dan aspek grafika memperoleh niai rata-rata 81,25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar iiahasa Indonesia berbasis kritik sastra bagi siswa kelas XI (Novel Dikaki Bukit Cibaladak Karya Ahmad Tohari berbasis kritik sosial) Kelas XI SMA dengan jumlah skor total 124 dan nilai rata-rata 83,75% maka bahan ajar modul dikategorikan layak untuk digunakan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:13
Last Modified: 07 Jul 2023 02:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item