ADLIYANTO, (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NILAI NASIONALISME BAGI SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1608110058_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1608110058_2_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
1608110058_6_bab5.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
1608110058_7_dafpus.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Adliyanto. 2023. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NILAI NASIONALISME UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr.Indrya Mulyaningsih, M.Pd,. Pembimbing (2) Tato Nuryanto M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai nasionalisme siswa yang berdampak pada pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, salah satunya pembelajaran teks drama. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia diperoleh informasi sulitnya menumbuhkan nilai nasionalisme siswa dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang variatif. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar teks drama yang berorientasi nilai nasionalisme. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan kebutuhan siswa SMP kelas VIII dalam pembelajaran Drama untuk membentuk nilai nasionalisme. (2) Pengembanagan video pembelajaran drama terhadap penanaman nilai nasionalisme menggunakan film yang mengandung nilai nasionalisme pada siswa SMP/MTs Kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development, adapun model yang digunakan penulis adalah model 4-D yang mempunyai empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), Penyebarluasan (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket, dalam penelitian ini rancangan bahan ajar teks drama berorientasi nilai nasionalisme bagi kelas VIII SMP dikemas dalam bentuk video audio visual. Pembelajaran materi teks drama menginterpretasi drama (tradisional atau modern) yang dibaca dan ditonton atau didengar. Berdasarkan hasil validasi keyakan bahan ajar audio visual oleh tiga validator memperoleh kategori “layak dengan perbaikan”. Kesimpulan yang didapat dari hasil validasi bahan ajar teks drama berorientasi nilai nasioanlisme ini telah valid untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:18 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11071 |
Actions (login required)
View Item |