GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA FIERSA BESARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR PUISI BERMEDIA WEBSITE DI SMA (TINJAUAN STILISTIKA)

ALDAN FAUZI, (2023) GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU KARYA FIERSA BESARI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR PUISI BERMEDIA WEBSITE DI SMA (TINJAUAN STILISTIKA). Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110094_1_cover.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110094_2_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110094_6_bab5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110094_7_dafpus.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Aldan Fauzi. 2023. Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Karya Fiersa Besari dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Puisi Bermedia Website di SMA: Tinjauan Stilistika. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) H. Udin Kamiluddin, M.A. Pembimbing (2) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Pembelajaran gaya bahasa dapat diintegrasikan secara maksimal oleh tenaga pendidik pada pembelajaran puisi. Kurang maksimalnya bahan ajar puisi dan pemanfaatannya sebagai materi ajar sastra yang selama ini digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan pengajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna gaya bahasa pada penggalan lirik lagu karya fiersa besari album konspirasi alam semesta serta menghasilkan materi ajar puisi berbasis teknologi berupa website yang selaras dengan KI, KD, dan IPK tentang pembelajaran puisi di kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah penggalan lirik lagu pada album konspirasi alam semesta karya Fiersa Besari yang memuat variasi-variasi gaya bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, sedangkan instrumen yang digunakan adalah kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, serta teori. Triangulasi sumber yaitu data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber. Triangulasi metode yaitu data yang ada pada penelitian ini menggunakan metode yang berbeda-beda, sedangkan triangulasi teori yaitu triangulasi yang ditempuh melalui teori yang relevan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penggalan lirik lagu album konspirasi alam semesta karya Fiersa Besari diperoleh 34 data dengan 22 bentuk gaya bahasa yang tergolong ke dalam klasifikasi gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidak-nya makna. Terdapat empat gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang tergolong ke dalam tiga gaya bahasa klimaks, dua gaya bahasa antiklimaks, satu gaya bahasa paralelisme dan satu gaya bahasa repetisi, sedangkan gaya bahasa berdasarkan langsung tidak-nya makna terbagi ke dalam satu gaya bahasa retoris, satu gaya bahasa aliterasi, satu gaya bahasa asonansi, satu gaya bahasa apostrof, dua gaya bahasa asindeton, satu gaya bahasa elipsis, satu gaya bahasa eufemismus, satu gaya bahasa litotes, satu gaya bahasa perifrasis, tiga gaya bahasa erotesis, satu gaya bahasa hiperbol, tiga gaya bahasa paradoks, satu gaya bahasa oksimoron, satu gaya bahasa persamaan atau simile, satu gaya bahasa metafora, tiga gaya bahasa alegori, dua gaya bahasa personifikasi, satu gaya bahasa alusi dan satu gaya bahasa ironi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:29
Last Modified: 07 Jul 2023 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item