ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM NOVEL KKN DI DESA PENARI KARYA SIMPLEMAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA (KAJIAN: ANTROPOLOGI SASTRA)

KARMILA, (2023) ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM NOVEL KKN DI DESA PENARI KARYA SIMPLEMAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA (KAJIAN: ANTROPOLOGI SASTRA). Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110071_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110071_2_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110071_6_bab5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110071_7_dafpus.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Karmila. 2023. Analisis Nilai Budaya dalam Novel KKN di Desa Penari karya Simpleman dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA (Kajian Antropologi Sastra). Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (I), Tato Nuryanto, M.Pd. (II) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Pudarnya nilai budaya Indonesia disebabkan oleh masuknya budaya asing. Hal ini terlihat dari kalangan anak muda saat ini yang lebih tertarik dengan budaya asing dibandingkan budayanya sendiri. Bukan hanya itu, anak muda saat ini sudah merasa malas untuk belajar budaya lokal Indonesia karena dianggap sudah tua dan sulit dipelajari. Pudarnya nilai budaya di kalangan anak muda menjadi hal yang menarik dan sekaligus menjadi latar belakang penelitian ini. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya yang ada pada novel KKN di Desa Penari karya Simpleman dan membuat bahan ajar berupa modul dari hasil analisis nilai budaya dalam novel KKN di Desa Penari karya Simpleman. Adanya nilai budaya tersebut agar pembaca dapat mengetahui nilai-nilai budaya yang tedapat dalam novel dan dapat diterapkan dalam pembelajaran teks novel di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan antropologi sastra. Sumber dan data dalam penelitian ini yaitu novel KKN di Desa Penari karya Simpleman dan datanya berupa kutipan novel yang mengandung nilai budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat, dimana peneliti menyimak novel yang akan diteliti kemudian mencatat semua data yang ditemukan pada sebuah kartu data. Kartu data ini berfungsi untuk mengingat dan mempermudah peneliti dalam mengelompokkan data-data yang sudah didapat untuk dianalisis. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik padan ortografis dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat nilai budaya dalam novel KKN di Desa Penari karya Simpleman yang berjumlah 44 data. Nilai budaya tersebut dibedakan berdasarkan: (1) hubungan manusia dengan Tuhan yaitu, 1 data bersyukur, 3 data beribadah, dan 3 data berdoa. (2) hubungan manusia dengan alam yaitu, 2 data pemanfaatan alam. (3) hubungan manusia dengan masyarakat yaitu, 2 data ramah tamah, 2 data taat kepada adat istiadat, dan 5 data gotong royong. (4) hubungan manusia dengan manusia lain yaitu, 2 data ramah, 5 data saling mengingatkan, 5 data kasih sayang, 3 data kemurahan hati, 1 data menghormati, dan 2 data kerja sama. (5) hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu, 3 data percaya diri, 3 data tanggung jawab, 1 data keuletan, dan 1 data mengakui kesalahan; 2) produk yang dihasilkan dari penelitian ini dikembangkan menjadi bahan ajar pembelajaran berupa modul yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar yang membantu siswa dalam mempelajari materi nilai budaya pada teks novel.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:21
Last Modified: 07 Jul 2023 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11129

Actions (login required)

View Item View Item