DIANA YULIYANI PUTRI, (2023) PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII DAN VIII DI SLB-C PANCARAN KASIH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1808110109_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808110109_2_bab1.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
1808110109_6_bab5.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
1808110109_7_dafpus.pdf Download (708kB) | Preview |
Abstract
Diana Yuliyani Putri. 2023. Pembelajaran Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII dan VIII di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (I) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd., (II) Itaristanti, S.S., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas VII dan VIII di SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami siswa sehingga menghambat dalam kemampuan membaca. Pemanfaatan penelitian yang dilakukan selanjutnya akan dijadikan acuan dalam membuat sebuah strategi pembelajaran membaca bagi siswa tunagrahita ringan. Jenis yang digunakan dalam penelian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan dan guru kelas VII dan VIII SLB-C Pancaran Kasih Kota Cirebon serta orang tua siswa. Adapun data yang digunakan adalah proses pembelajaran membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas VII dan VIII serta permasalahan yang dialami siswa selama pembelajaran membaca permulaan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dan instrumen pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, serta kesimpulan/verifikasi. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 siswa tunagrahita ringan pada kelas VII dan VIII. terdapat 2 siswa dengan tunagrahita ringan di kelas VII yaitu Ahmad dan Dimas. Meskipun kedua siswa sama-sama tergolong siswa tunagrahita ringan, keduanya memiliki perbedaan sifat, siswa bernama Ahmad merupakan siswa yang ceria, ramah, dan mudah bergaul. Sementara Dimas merupakan anak yang cenderung pendiam dan penurut. Sedangkan pada kelas VIII juga terdapat 2 siswa tunagrahita ringan yaitu Bintang dan Rabani. Kedua siswa merupakan anak yang ceria, ramah dan mudah bergaul. Meskipun demikian, ada yang membedakan keduanya, Bintang merupakan siswa yang mandiri, ia hanya diantar oleh bapaknya, sedangkan Rabani perlu untuk didampingi oleh ibunya selama di sekolah.Kemampuan membaca siswa bernama Ahmad (VII) sampai pada taraf membaca abjad dan silabel tertentu. Sedangkan Dimas (VII) memiliki kemampuan membaca yang hanya sampai pada taraf mampu membaca abjad dengan bimbingan. Selanjutnya, siswa benama Bintang (VIII) memiliki kemampuan membaca abjad dengan lancar, mampu membaca silabel dan kata yang telah diulang pada setiap pembelajaran. Hal yang sama juga dimiliki siswa bernama Rabani (VIII), ia mampu membaca abjad dengan lancar, silabel dan kata-kata tertentu. Kendala atau permasalahan umum yang memengaruhi keterampilan dan minat siswa dalam membaca adalah ditemui pada setiap siswa. Adapun pemanfaatan penelitian yang dilakukan adalah sebagai acuan dalam membuat strategi pembelajaran membaca bagi siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:29 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11135 |
Actions (login required)
View Item |