ANALISIS GAYA BAHASA NOVEL ENTROK KARYA OKKY MADASARI MELALUI PENDEKATAN STILISTIKA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

LELY LEVIANA LATIFAH, (2023) ANALISIS GAYA BAHASA NOVEL ENTROK KARYA OKKY MADASARI MELALUI PENDEKATAN STILISTIKA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110116_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110116_2_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110116_6_bab5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110116_7_dafpus.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Lely Leviana Latifah. 2023. Analisis Gaya Bahasa Novel Entrok Karya Okky Madasari melalui Pendekatan Stilistika dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Tato Nuryanto M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah M.Pd., Penggunaan bahasa dalam karya sastra merupakan suatu hal yang sangat penting, berbagai macam karya sastra tercipta dari imajinasi dan pengalaman pengarang. Bahasa merupakan unsur terpenting dalam sebuah karya sastra, bahasa dalam karya sastra memiliki nilai estetika yang berfungsi untuk memperindah setiap kutipan yang disampaikan pengarang. Gaya bahasa sangat penting untuk dipahami. Melalui gaya bahasa, seseorang dapat menilai penguasaan kosakata penutur/penulis, selain itu pemahaman gaya bahasa tergolong sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan kosakata khususnya bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa novel Entrok karya Okky Madasari dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar di SMA. Adapun, produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran yang dapat menunjang pengajaran sastra di SMA pada materi Isi dan Kebahasaan Novel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Entrok karya Okky Madasari yang memuat beberbagai macam jenis gaya bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, sedangkan instrumen yang digunakan adalah kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, serta teori. Triangulasi sumber yaitu data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber. Triangulasi metode yaitu data yang ada pada penelitian ini menggunakan metode yang berbeda-beda, sedangkan triangulasi teori yaitu triangulasi yang ditempuh melalui teori yang relevan. Berdasarkan hasil analisis gaya bahasa yang dilakukan pada novel Entrok karya Okky Madasari terdapat penggunaan gaya bahasa yang beragam. Ragam gaya bahasa yang dalam novel Entrok karya Okky Madasari memiliki ciri khasnya tersendiri. Dalam novel Entrok ditemukan penggunaan gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Dimana, keempat gaya bahasa tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis gaya bahasa. Gaya bahasa perbandingan meliputi gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi, antitesis, pleonasme, dan antisipasi. Gaya bahasa pertentangan meliputi gaya bahasa hiperbola, oksimoron, sinisme, dan sarkasme. Gaya bahasa pertautan meliputi gaya bahasa antonomasia, erotesis, dan asindeton. Gaya bahasa perulangan meliputi gaya bahasa asonansi, epizeukis, epistrofa, dan anafora.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:38
Last Modified: 07 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item