KRITIK SASTRA FEMINIS DALAM NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ISTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN DI SMA KELAS XII

NIDA LAYALIN, (2023) KRITIK SASTRA FEMINIS DALAM NOVEL AKU LUPA BAHWA AKU PEREMPUAN KARYA IHSAN ABDUL QUDDUS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI ISTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN DI SMA KELAS XII. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110088_1_cover.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110088_2_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110088_6_bab5.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110088_7_dafpus.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Nida Layalin. 2023. Kritik sastra feminis dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus dan pemanfatannya sebagai instrumen penilaian pembelajaran pada SMA kelas XII. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd., (2) H. Udin Kamiluddin, MA. Perempuan dipaksa untuk berjuang dan membebaskan diri dari penindasan dengan bekerja seperti pada tokoh utama novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus merupakan seorang perempuan pekerja dan aktif diberbagai bidang politik sebagai upaya untuk membebaskan diri dari penindasan kaum laki-laki atau ketergantungan terhadap laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus dengan pendekatan feminis marxis. Pada novel ini menceritakan tentang tokoh perempuan yang berambisi untuk unggul disetiap bidang. Tetapi, dalam perjalanannya seringkali mengalami kegagalan. Dari kekegagalan tersebut Suad melakukan apa saja untuk memiliki karir yang bagus hingga ia lupa bahwa ia perempuan. Dalam penelitian ini menganalisis penindasan perempuan melalui analisis citra perempuan. Metode yang digunakan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan feminis marxis. Sumber data yang digunakan adalah novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Data yang digunakan berupa penggalan dialog dan prolog yang dicurigai memiliki citra perempuan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Peneliti akan melihat hasil penelitian dan kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Analisis data dalam penelitian ini, 1) menganalisis dan menginterprestasi kedudukan tokoh utama perempuan dalam kelasisme, 2) Menggunakan metode padan referensial sebagai analisis data. 3) menganalisis dan menginterprestasi citra perempuan. Hasil yang diperoleh 15 data yang dicurigai sebagai citra perempuan. Berdasarkan penelitian terdapat 5 data berupa citra perempuan dari segi fisik, 6 data berupa citra perempuan dari segi psikis, dan 4 data berupa citra perempuan dari segi sosial. Penelitian ini Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai instrumen penilaian pada pembelajaran novel kelas XII sesuai dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan dalam novel serta KD 4.9 merancang novel dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan atau tulis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:40
Last Modified: 07 Jul 2023 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item