KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA DRAMA KOREA PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK YAMSIK KUNINGAN

DEWI ROYANA, (2023) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA DRAMA KOREA PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK YAMSIK KUNINGAN. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110017_1_cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110017_2_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110017_6_bab5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110017_7_dafpus.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Dewi Royana. 2023. Keefektifan Penggunaan Media Drama Korea Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI Smk Yamsik Kuningan. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Pembimbing (2) Lilik Herawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media drama Korea pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMK Yamsik Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksprerimen. Metode penelitian data pada penelitian ini menggunakan teknik tes tulis. Salah satu indikator yang harus ditempuh oleh siswa kelas XI adalah bisa menulis teks cerpen, namun saat ini banyak hal yang memengaruhi rendahnya minat siswa dalam menulis cerpen. Diantaranya karena media pembelajaran untuk kemampuan menulis cerpen masih kurang menarik dalam penyampaiannya sehingga membosankan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah inovasi baru berupa media pembelajaran salah satunya berupa sebuah drama Korea. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media drama Korea berjudul Who Are You School 2015 siswa kelas XI SMK Yamsik Kuningan. Berdasarkan hasil penelitian, uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS 20. Nilai signifikasi pada kolom sig. (2-tailed) adalah 0,001. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa uji hipotesis hasil dari uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikan 0,001. Maka 0,001 ˂ 0,05 yang artinya 0,001 kurang dari 0,05 dengan itu maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media drama Korea efek

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:46
Last Modified: 07 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item