KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI KELAS XI MAN 1 CIREBON

MUHAMMAD HABIBURROHMAN, (2023) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI KELAS XI MAN 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110112_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110112_2_bab1.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110112_6_bab5.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110112_7_dafpus.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Muhammad Habiburrohman. 2023. Keefektifan Model Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Cerita Pendek di Kelas XI MAN 1 Cirebon. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd. Cerita Pendek adalah salah satu materi kelas XI yang penting untuk dipahami oleh peserta didik, termasuk di dalamnya terdapat unsur-unsur, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian lanjutannya adalah quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa ketika diterapkan perlakuan berupa pengimplementasian model kooperatif jigsaw. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Cirebon. Data dikumpulkan melalui tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan instrumen angket untuk mendapatkan hasil respons dan minat siswa terhadap model pembelajaran kooperatif jigsaw. Analisis soal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik paramterik dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil belajar serta angket siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 78,6 > 76,9 dengan taraf signifikansi 0,000. (2) Respons dan minat siswa akan model pembelajaran koopearatif jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dipeoleh hasil sig di angka 0,000 lebih kecil dari 0,05. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model kooperatif jigsaw pada materi cerita pendek di kelas XI dan sebagai alternatif media pembelajaran bagi pengajar pada materi-materi lainnya. Kata Kunci. Cerita pendek, kooperatif jigsaw, model pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:30
Last Modified: 07 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item