IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT SABILUL HUDA KOTA CIREBON

ELDA SUCI PUTRI AIDA, (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT SABILUL HUDA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109013_1_cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109013_2_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109013_6_bab5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109013_7_dafpus.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Elda Suci Putri Aida : IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM 1908109013 MERDEKA BELAJAR DI SDIT SABILUL HUDA KOTA CIREBON Kurikulum merupakan jantungnya lembaga pendidikan, karena kurikulum dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Fakta nyata dalam pelaksanaan kurikulum tentu akan ada sebuah perubahan dalam sistem kurikulumnya. Kurikulum pendidikan di Indonesia sudah berganti sebanyak kurang lebih sepuluh kali. Untuk sekarang ini kurikulum baru yang sedang diterapkan oleh sekolah yaitu kurikulum merdeka belajar. Dan tentunya terdapat beberapa masalah yang timbul dalam penerapan manajemen kurikulum adalah mengenai kesiapan sekolah dan pengelolaan dalam mengimplementasikan kurikulum di sekolah yang bersangkutan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dan metode yang digunakan dalam pengambilan data dengan melakukan pengamatan mendalam, wawancara mendalam dan dokumentasi. Studi ini bertujuan untuk memahami sistematika kegiatan manajemen kurikulum mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Dalam penelitian ini menujukkan bahwa 1) Dalam perencanaan kurikulum belum dilakukan dengan baik karena kurikulum yang dirancang belum matang dan belum disesuaikan dengan kebutuhan, 2) sekolah masih belum memahami makna penerapan kurikulum merdeka belajar karena banyaknya materi atau istilah yang berbeda dari kurikulum sebelumnya, 3) evaluasi kurikulum yang sudah dilakukan baru berlangsung satu kali, maka dari itu perlu adanya kegiatan evaluasi secara berkelanjutan meskipun hasilnya masih menunjukkan cukup baik dan butuh pengembangan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon masih berada pada tahap pengembangan dan penyempurnaan dalam menerapkan manajemen kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:56
Last Modified: 07 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item