ALFI ZAHRA, (2023) MANAJEMEN PEMASARAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908109023_1_cover.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
1908109023_2_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
1908109023_6_bab5.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
1908109023_7_dafpus.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
Alfi Zahra : MANAJEMEN PEMASARAN DI PONDOK PESANTREN 1908109023 MIFTAHUL HUDA RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA Manajemen Pemasaran merupakan suatu upaya untuk mengatur dan mengelola kegiatan pemasaran lembaga pendidikan melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang penting bagi lembaga pendidikan. Dengan adanya pemasaran, lembaga pendidikan dapat dikenal oleh masyarakat luas dan juga dapat meningkatkan citra yang baik di mata masyarakat. Oleh sebab itu, manajemen dalam pemasaran pendidikan ini perlu diperhatikan dan dikelola dengan baik agar tujuan dari pemasaran suatu lembaga pendidikan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam manajemen pemasaran di Pondok Pesantren Miftahul Huda Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perencanaan dalam manajemen pemasaran di Pondok Pesantren Miftahul Huda Rajagaluh dimulai dengan identifikasi pasar untuk mengetahui kebutuhan masyarakat, memerhatikan biaya, lokasi, sarana prasarana dan tenaga pendidik, serta yang terakhir menentukan metode yang tepat untuk mempromosikan lembaganya. Pengorganisasiannya melibatkan semua sumber daya yang ada dengan pembagian tugasnya masing-masing. Adapun pelaksanaan pemasarannya dilakukan dengan promosi melalui sosial media dan komunikasi secara langsung atau dari mulut ke mulut (Word of Mouth). Kemudian pengawasannya dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan pemasaran dan evaluasi dilaksanakan setiap satu bulan sekali dengan mengadakan rapat. Kata Kunci : Manajemen pemasaran dan Pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:06 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11220 |
Actions (login required)
View Item |