KEPEMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN KELEMBAGAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA CIREBON

AFIFATUS SAKIYAH, (2023) KEPEMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN KELEMBAGAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908109060_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109060_2_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109060_6_bab5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908109060_7_dafpus.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

AFIFATUS SAKIYAH: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Kelembagaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Cirebon Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal lembaga bersifat kompleks karena madrasah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan. Keberhasilan suatu madrasah pada hakikatnya terletak pada efisiensi dan efektivitas penampilan seorang kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah harus disertai dengan upaya meningkatkan kualitas manajemen lembaganya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan sumber daya manusia, sarana prasarana, dan keuangan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Cirebon. Kepala madrasah, waka kurikulum, kepala tata usaha ditetapkan sebagai subjek penelitian. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dilakukan dengan perencanaan penentuan kebutuhan, penentuan sasaran, penetapan program, identifikasi prinsip belajar, pelaksanaan program, penilaian pelaksanaan program ditetapkan dan dirumuskan dengan sangat matang dan terencana. (2) Peningkatkan kualitas sarana prasarana diawali dengan menampung semua usulan pengadaan perlengkapan madrasah, menyusun rencana kebutuhan perlengkapan madrasah, memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun, memadukan rencana kebutuhan dengan dana madrasah yang tersedia, memadukan rencana kebutuhan perlengkapan yang urgent, penetapan rencana pengadaan akhir, penghapusan. (3) Keuangan dilakukan dengan perencanaan keuangan lembaga, pengorganisasian keuangan lembaga, penyelenggaraan keuangan lembaga, pengawasan keuangan lembaga dan langkah pertanggung jawaban dan pelaporan keuangan, serta auditing keuangan sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan yang semuanya langsung dalam pengawasan kepala madrasah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran manajemen kelembagaan bagi kepala sekolah atau madrasah lainnya di tingkat menengah atas. Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Manajemen Kelembagaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:37
Last Modified: 07 Jul 2023 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item