STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-WAHDAH KABUPATEN CIREBON

DWI SUNANTA, (2023) STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-WAHDAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808109007_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109007_2_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109007_6_bab5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808109007_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Dwi Sunanta 1808109007 : Strategi Pemasaran Sekolah dalam Meningkatkan Minat Siswa di MTs Al-Wahdah Kabupaten Cirebon Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat lembaga pendidikan dengan jenjang yang sama dalam satu yayasan dan lingkungan sekitarnya serta kurangnya strategi promosi sekolah dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran sekolah dalam meningkatkan minat siswa di MTs Al-Wahdah Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dengan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bidang Hubungan Masyarakat, Sekretaris Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, siswa dan orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi di MTs Al-Wahdah Kabupaten Cirebon menyatakan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan kurang memadai karena promosi yang dilakukan masih tergolong konvensional dan belum terkelola dengan baik pemasaran di media sosial. Dibuktikan dengan adanya penurunan jumlah peserta didik saat pandemi karena terbatasnya pemasaran yang dilakukan. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yakni, hendaknya madrasah melakukan inovasi baru untuk memasarkan sekolahnya lewat dunia digital yaitu di platform media sosial yang ada di zaman sekarang, hal tersebut memiliki kemungkinan baik yang dapat membuat MTs Al-Wahdah Kabupaten Cirebon menjadi lebih dikenal lagi dan dapat menarik minat siswa untuk bersekolah di madrasah ini. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Promosi Sekolah, Minat Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:19
Last Modified: 07 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item