SITI AMBAR SARI, (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA FIND ME IN THE BOX DI TK NEGERI PEMBINA PATROL INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.
|
Text
1708108014_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1708108014_2_bab1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
1708108014_6_bab5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
1708108014_7_dafpus.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Siti Ambar Sari. 1708108014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Find Me in The Box di TK Negeri Pembina Patrol Indramayu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru kelas kelompok A di TK Negeri Pembina Patrol yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan huruf. Proses kegiatan belajar mengenalkan huruf pada anak-anak kelompok A masih terbatas dengan menggunakan metode menulis dan menyebutkan huruf dengan media papan tulis dan kartu huruf saja, yang membuat anak kurang membuat tertarik untuk belajar mengenal huruf. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi metode belajar yang sudah digunakan dalam mengenalkan huruf kepada anak, mencoba menerapkan metode baru find me in the box sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak, dan mengetahui kemampuan mengenal huruf pada anak setelah menggunakan media find me in the box. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Patrol Kabupaten Indramayu, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui: (1) Metode belajar yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf kepada anak adalah metode ceramah dengan model simbiotis milik Ovide Declory melalui media kartu bergambar yang mengacu pada konsep analisis sintesis suku kata ke huruf dengan cara menjelaskan, mengambil kartu, melihat kartu, menyebutkan nama gambar, mencari huruf, menyusun huruf dan membaca. Metode tersebut menimbulkan anak tertarik untuk belajar mengenal huruf. Kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan dan memenuhi nilai standar ketuntasan belajar; (2) Penerapan media baru find me in the box, dengan cara guru meminta dan membimbing setiap anak untuk mengambil, melihat, dan menyebutkan nama gambar yang terdapat pada kartu. Setelah anak dapat menyebutkan huruf awal yang dilihat, kemudian mereka dibimbing untuk mencari huruf abjad yang sesuai dengan huruf yang tertulis pada kartu hingga tersusun menjadi kata yang lengkap dan mampu membacanya. (3) Kemampuan anak mengenal huruf mengalami peningkatan setelah menggunakan media find me in the box di siklus I sebesar 82,75% dengan kriteria “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH), dan di siklus II mengalami peningkatan sebesar 90,18% dengan kriteria “Berkembang Sangat Baik” (BSB). Maka dapat disimpulkan, penerapan media find me in the box efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:29 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11256 |
Actions (login required)
View Item |