PENGEMBANGAN MEDIA THEMATIC LOLIPOP COLOUR BOX UNTUK KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BAITURRAHIM KOTA CIREBON

SITI NURHALIMAH, (2022) PENGEMBANGAN MEDIA THEMATIC LOLIPOP COLOUR BOX UNTUK KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BAITURRAHIM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808108045_1_cover.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108045_2_bab1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108045_6_bab5.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108045_7_dafpus.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

SITI NURHALIMAH. 1808108045. Pengembangan Media Thematic Lolipop Colour Box Untuk Kemampuan Berfikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Baiturrahim Kota Cirebon. Latar belakang penelitian dan pengembangan ini adalah karena terdapat anak yang berusia 5-6 tahun khususnya di kelas B2 di RA Baiturrahim Kota Cirebon mengalami kekeliruan dalam mengenali, menyebutkan, menulis huruf dan angka yang sering tertukar. Seperti menulis atau menyebutkan huruf b, d, p, m, w serta angka 2, 5, 6, 7, 9 yang masih terbalik dalam penulisan maupun penyebutannya. Selain itu, ditemukan masalah lainnya dalam pembelajaran kelas yaitu guru masih minim dalam penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian anak untuk menyimak guru di depan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media Thematic Lollipop Colour Box untuk berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun dan mengetahui kelayakan media Thematic Lollipop Colour Box untuk berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun serta mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media Thematic Lollipop Colour Box terhadap kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun di Ra Baturrahim Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Delevopment (R&D) adalah penelitian dan pengembangan menghasilkan produk baru berupa Media Lollipop Colour Box yang diujicobakan secara terbatas di RA Baiturrahim Kota Cirebon dengan sejumlah 16 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari 6 langkah yaitu: (1) Pengumpulan Data, (2) Desain Produk, (3) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, dan (6) Uji Coba Produk. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Observasi digunakan untuk mengamati penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas B2 RA Baiturrahim Kota Cirebon. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media Thematic Lollipop Colour Box. Analisis ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah media Thematic Lollipop Colour Box dinyatakan layak untuk kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahim Kota Cirebon tanpa revisi. Pernyataan tersebut berdasarkan dari validasi oleh ahli materi dengan mendapatkan presentase 93,05% dan hasil validasi ahli dengan mendapatkan presentase 100% serta hasil penilaian dari pengguna mendapatkan hasil presantase kelayakan 100%. Kata Kunci: Thematic Lollipop Colour Box, Berfikir Simbolik, Anak Usia Dini

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:34
Last Modified: 10 Jul 2023 01:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item