PENGEMBANGAN MEDIA MANNERS BOOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KABUPATEN BREBES

An’nisa Aulia, PENGEMBANGAN MEDIA MANNERS BOOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808108029_1_cover.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108029_2_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108029_5_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108029_7_dafpus.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

An’nisa Aulia (1808108029) Pengembangan Media Manners Book Untuk Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Kabupaten Brebes. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan guru terhadap media yang dapat membantu meningkatkan pemahaman nilai moral anak usia dini di TK Pertiwi Kabupaten Brebes. Hal ini dikarenakan kondisi media pembelajaran yang kurang inovatif serta banyaknya anak yang kurang memiliki pemahaman nilai moral seperti mengenal perilaku sopan santun, baik dan buruk, membiasakan diri berperilaku baik dan mengucapkan salam dan membalas salam namun anak di kelompok B belum berkembang secara optimal. Sehingga dikhawatirkan nantinya anak akan terbiasa tidak menerapkan sikap sopan santun dalam kehidupannya. Oleh karena itu, Peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran berupa buku cerita dan aktivitas menyenangkan yang bernama Manners Book sebagai upaya untuk mengembangkan pemahaman nilai moral anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman nilai moral anak kelompok B usia 5-6 tahun melalui media Manners Book. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development melalui enam tahapan, yaitu 1) pengumpulan informasi awal, 2) desain pengembangan produk, 3) validasi produk, 4) perbaikan produk, 5) uji coba produk, dan 6) hasil produk. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Kabupaten Brebes. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang akan digunakan dalam proses validasi oleh ahli media dan ahli materi. Adapun jenis data yang dihasilkan yakni deskripsif kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kelayakan media Manners Book. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman nilai moral anak kelompok B di TK Pertiwi Kabupaten Brebes pra uji coba produk mencapai 61,4% termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan mengalami peningkatan setelah dilakukannya uji coba terbatas media Manners Book menjadi 94,9% dengan kategori berkembang sangat baik. Pengembangan media Manners Book terdiri dari cerita beragam dan aktivitas. Cerita yang diangkat yaitu mengenal perilaku sopan santun, baik dan buruk. membiasakan diri berperilaku baik dan mengucapkan salam dan membalas salam. Media dapat diujicobakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 96,8% dan validasi ahli media sebesar 95,4%. Sedangkan media dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dua pengguna yakni walikelas B dan kepala sekolah, dengan hasil 83,3% dan 88,8%. Kata Kunci: Manners Book, Nilai Moral, Sikap Sopan Santun, Anak Usia Dini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:41
Last Modified: 10 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item