IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA AN-NAWAA 1 KOTA CIREBON

SYIFA BADRIAH, (2023) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA AN-NAWAA 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808108053_2_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108053_3_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108053_6_bab5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808108053_7_dafpus.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

SYIFA BADRIAH (180810853). Implementasi Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Kosakata Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di RA An�Nawaa 1 Kota Cirebon”. Skripsi: Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pandemic covid-19 telah menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi seluruh aspek kehidupan manusia di dunia terutama dalam bidang pendidikan. Ketika pemerintah mengeluarkan peraturan untuk belajar dirumah (Daring) membuat lembaga pendidikan harus memutar otak untuk terus melakukan kegiatan pembelajaran dengan indicator yang sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kosakata pada anak di RA An-Nawaa 1 Kota Cirebon. Pengembangan kosakata pada anak dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa anak. Penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran dapat membantu perkembangan bahasa anak dengan menambah pembendaharaan kosakata, mengembangkan kosakata, mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengetahui Impelmentasi metode bercerita dalam mengembangkan kosakata anak (b) mengetahui perkembangan kosakata di RA An-Nawaa 1 Kota Cirebon (c) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode bercerita untuk mengembangkan kosakata di RA An-Nawaa 1 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Objek penelitian ini adalah penerapan metode bercerita. Dengan subjek utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, peserta didik kelas B dan Orangtua murid. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implemntasi metode bercerita di pembelajaran, guru bercerita sesuai tema hari itu. Guru bercerita dengan tanpa alat peraga buku bergambar dan boneka. Hasil dari penerapan metode bercerita yaitu bertambahnya kosakata anak, berkembangnya kosakata anak, anak semakin terampil untuk berbahasa dan anak lebih aktif dalam berinteraksi. Faktor yang mendukung dan menghambat dalam mengembangkan kosakata anak di RA An�Nawaa 1 Kota Cirebon meliputi 3 hal yaitu: sarana dan prasarana, lingkungan, dan guru. Kata kunci: Metode, Bercerita, Mengembangkan, Kosakata, Anak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:28
Last Modified: 10 Jul 2023 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item